Rauhanda Riyantama
Ganda Putra Indonesia Bagas Maulana (kiri) dan Muhammad Shohibul Fikri mengangkat trofi juara usai laga final nomor ganda putra All England di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Minggu (20/3/2022). (ANTARA FOTO/HO/PBSI-Badminton Photo/wpa/foc)

Bolatimes.com - Dominaisi China dan Korea Selatan di All England 2023 sangat tampak, di satu sisi Indonesia masih mampu mempertahankan eksistensi di ajang tertua bulu tangkis dunia ini.

Dua gelar sukses dibawa pulang China dan Korea Selatan di All England 2023, sementara Indonesia hanya mampu mengoleksi satu gelar lewat all final di ganda putra.

Biasanya gelar juara yang diraih pebulu tangkis di All England berstatus pemain top, namun tak jarang wakil non-unggulan mampu tampil mengejutkan.

Baca Juga:
Cerita Miris Pemain Kamerun, Menunggu 10 Tahun Gaji yang Belum Dibayar oleh Persiwa

Termasuk Indonesia pun pernah mengejutkan dengan raihan prestasi berupa gelar juara, lantas siapa saja yang pernah menorehkan itu? berikut di antaranya.

1. Liu Xiao Long/Qiu Zi Han (China)

Di tahun 2013, pasangan tak terduga China ini mampu menyingkirkan tiga ganda unggulan bahkan salah satunya Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

Baca Juga:
Jelang FIFA Matchday Maret 2023, Eks Rekan Setim Erling Haaland Dapat Panggilan Timnas Thailand

Dua gim langsung wakil Jepang itu dibantai di final dengan skor 21-11, 21-9 dan menjadi gelar terbaik bagi pasangan China selama dipasangkan.

2. Vladimir Ivanoz/Ivan Sozonov (Rusia)

Tiga tahun berselang setelah gelar kejutan dari Lui Xiao/Qui Zi, muncul pasangan asal Rusia yang menggebrak All England 2016.

Baca Juga:
Serang Kiper Sevilla, Suporter PSV Dihukum 40 Tahun

Tak ada wakil unggulan yang mampu menghentikan Vladimir/Ivan berjaya di turnamen tersebut, bahkan untuk kedua kalinya Endo/Hayakawa kembali menelan pil pahit.

Pasangan Jepang itu kalah lewat drama rubber game dengan skor akhir 21-13, 21-18 dan 21-16.

3. Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

Baca Juga:
Tak Diperkuat Asnawi Mangkualam, Jeonnam Dragons Kian Terpuruk di Klasemen K League 2 usai Dipermalukan Gimpo FC

Di tahun 2018, ganda campuran Jepang berhasil membuat unggulan asal China bertekuk lutut di hadapan mereka.

Yuta/Arisa bukanlah pasangan unggulan saat itu, namun berhasil menumbangkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di final lewat rubber game.

4. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Indonesia)

Duo Bagas/Fikri pernah kejutkan All England 2022, berstatus sebagai non-unggulan namun mampu menumbangkan unggal di partai final.

Bahkan senior mereka sendiri, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lewat dua gim dengan skor akhir 21-19, 21-13.

5. Li Shi Feng (China)

Teranyar tunggal putra China, Li Shi Feng yang mengubur mimpi Shi Yuqi juara All England 2023 usai kembali ke dunia bulu tangkis usai skorsing.

Lewat pertandingan yang sengit, Li Shi Feng menuntaskan perlawanan Yuqi hanya dua gim dengan skor Afrika, 26-24, 21-5.

Kontributor: Eko
Load More