Husna Rahmayunita
Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Mediol Stiovanny Yoku di Proliga 2023. (Antara/Humas Proliga)

Bolatimes.com - Pemain terbaik putri Proliga 2023 resmi didapatkan oleh Mediol Stiovanny Yoku usai membawa Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia tampil impresif di liga bola voli Indonesia musim ini.

Mediol Stiovanny Yoku menyingkirkan sejumlah nama seperti Wilda Siti Nurfadilah (Bandung bjb Tandamata), Megawati Hagestri dari Jakarta Pertamina Fastron dan Ratri Wulandari (Jakarta BIN).

Pemain yang akrab disapa Mediyoku itu terpilih menjadi pemain terbaik atau most valuable player Proliga 2023 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023) malam. Ia berhak menerima piala dan hadiah uang pembinaan Rp 25 juta.

Baca Juga:
Profil Toshiya Miura, Pelatih Anyar Timnas Thailand U-20 yang Pernah Dipecat Vietnam

Musim lalu, pemain kelahiran Sentani 1999 itu merebut gelar spiker terbaik Proliga. Selain Mediyoku, tim Gresik Petrokimia juga menempatkan pemain asingnya, Bohdana Anisova, meraih gelar spiker terbaik.

Profil Mediol Stiovanny Yoku

Atlet voli kelahiran Sentani, Papua, pada 1 November 1999 ini sudah menekuni olahraga bola voli sejak kecil. Dikabarkan dari berbagai sumber, ia terinspirasi dari orang tuanya yang juga merupakan pemain voli.

Baca Juga:
CAS Batalkan Hukuman Seumur Hidup Yves Jean-Bart, FIFA Ajukan Banding

Sebelum terjun ke dunia profesional, sosok yang biasa disapa Medi ini sudah pernah mewakili daerahnya Papua untuk pentas PON 2016 di Jawa Barat.

Karier profesional Medi lantas dimulai dengan membela BNI 46 pada 2017. Di tengah-tengah karier profesionalnya, Medi sempat bikin heboh saat ia pindah ke Gresik Petrokimia.

Adalah keputusannya untuk membela tim Jawa Timur (Jatim) di PON XX 2021. Sejak berpindah domisili pada 2017, nama atlet bertinggi badan 169 centimeter tersebut semakin mencuat. Bahkan, namanya pernah masuk daftar yang dipanggil ke Pelatnas menghadapi Asian Games 2018, meski gagal.

Baca Juga:
Hokky Caraka Punya Potensi Besar di Sepak Bola, Shin Tae-yong Sebut Performanya sudah Bersaing di Level Asia Tenggara

Musim Proliga tahun 2021-2022, Medi Yoku berhasil membawa Gresik Petrokimia ke final. Namun saat itu mereka terhenti oleh Bandung BJB Tandamata.

Nah, di Proliga 2023, Mediol Stiovanny Yoku dan kolega harus menelan kegagalan lolos kembali ke final. Gresik Petrokimia harus puas berada di posisi ketiga.

Gresik Petrokimia berhasil mengalahkan pendatang baru, Jakarta BIN dengan skor 3-0 untuk memastikan tempat ketiga. Penampilan Mediol  Stiovanny Yoku dianggap impresif sepanjang musim dan berhak atas gelar Pemain Terbaik Proliga 2023.

Baca Juga:
Tiga Pemain Keturunan Direkomendasikan jadi WNI, Plt Menpora Ingatkan Naturalisasi Pemain Jalan Terakhir

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More