Arif Budi Setyanto
Ekspresi pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, saat menjuarai Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2017. [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Indonesia dipastikan melaju ke perempat final Kejuaraan Beregu Campuran Asia atau BAMTC 2023 dengan status juara grup. Hal ini dipastikan setelah tim Merah Putih comeback dramatis melawan Thailand.

Sebelumnya Indonesia dan Thailand sama-sama mulus di dua laga pertama grup BAMTC 2023 dengan skor 5-0. Alhasil keduanya harus saling sikut untuk juara grup.

Indonesia awalnya tertinggal 0-2 dari Thailand lewat tunggal putra dan tunggal putri. Di laga pertama, Anthony Ginting tumbang ketika menghadapi Sitthikom Thammasin.

Baca Juga:
Iwan Bule Lepas Jabatan Ketum PSSI, Sandy Walsh Beri Respons Menyentuh

Secara mengejutkan, Ginting tumbang dalam dua set langsung. Tunggal putra andalan Indonesia ini tak mampu memberikan perlawanan berarti usai kalah 9-21 dan 12-21.

Di pertandingan tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung juga mengalami kekalahan. Ia juga kalah dua set langsung dengan skor 18-21 dan 15-21 atas Busanan Ongbamrungphan.

Asa kemudian terlihat saat laga yang mempertemukan sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Baca Juga:
Gagal Tempel PSM di Puncak Klasemen, Pemain Asing Persija Jakarta Ungkap Kekecewaan

Dalam laga ketiga, Fajar/Rian dengan susah payah mengalahkan Pharanyu Kaosamaang/Worrapol Thongsa-nga via rubber game dengan skor 21-13, 19-21, dan 21-16.

Kemudian sektor ganda putri juga mampu menyumbangkan satu angka. Indonesia dan Thailand akhirnya seri 2-2.

Angka tersebut disumbangkan oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia. Ganda putri Indonesia ini sempat kalah di set pertama melawan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard 18-21.

Baca Juga:
Kronologi Pemilihan Waketum PSSI Terindikasi Kecurangan, dari Dilakukan Pemungutan Suara 2 Kali hingga Yunus Nusi Mundur

Pada akhirnya Apriyani/Fadia mampu membalasnya. Ganda putri Indonesia ini memenangkan dua set berikutnya dengan skor 21-16 dan 21-14.

Skor 2-2 membuat pertandingan terakhir di ganda campuran menjadi penentuan. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang turun menghadapi Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong akhirnya bisa mengunci kemenangan 21-18 dan 21-19.

Indonesia pun menang atas Thailand dengan skor 3-2 lewat comeback dramatis. Kemenangan ini membuat tim Merah Putih jadi juara grup C BAMTC 2023.

Baca Juga:
Yunus Nusi Mundur Jadi Waketum PSSI, Begini Respons Erick Thohir

Load More