Irwan Febri Rialdi
Petarung Indonesia, Jeka Saragih. (Instagram/@oneprideimma)

Bolatimes.com - Jeka Saragih telah resmi dikontrak oleh UFC meski kalah dari Anshul Jubli pada final Road to UFC 2022, akhir pekan lalu.

Keberhasilan Jeka menang KO dua kali dalam perjalanannya menuju final jadi alasan UFC mengontrak Jeka. Disebutkan bahwa Jeka menandatangani kontrak untuk lima pertarungan.

Kepastian bahwa Jeka dikontrak oleh UFC terungkap lewat video yang diunggahnya di Instagram miliknya, Kamis (9/2). Dengan begini, Jeka Saragih menjadi petarung asal Indonesia pertama di UFC.

Setelah mendapatkan kontrak, Jeka Saragih kini tinggal menunggu jadwal guna melakoni pertarungan dan bayaran pertama di UFC.

Jeka Saragih sendiri dikonfirmasi bakal bertarung di kelas bulu UFC. Menurut pemaparan sang manajer, Graham Boylan, Jeka tidak akan tampil di kelas ringan seperti yang ia jalani selama babak kualifikasi.

Petarung kelahiran Simalungun ini artinya bakal tampil di kelas yang sesuai dengan kategori berat badannya. Pasalnya, Jeka bermain di kategori lebih tinggi saat bertarung di Road to UFC yaitu kelas ringan.

Sekadar informasi, kelas bulu atau featherweight di UFC merupakan kategori untuk petarung dengan berat badan 65,6 kg. Sementara di kelas ringan atau lightweight adalah 70,3 kg.

Lantas, siapa saja petarung bintang yang berpotensi menjadi lawan Jeka Saragih di UFC?

Salah satunya adalah petarung asal Australia, Alexander Volkanovski, yang baru saja dikalahkan Islam Makhachev dalam UFC 284.

Selama perjalanan kariernya di UFC, Volkanovski mampu meraih 25 kemenangan dan hanya 2 kali kalah. Salah satu kekalahan itu didapatkan dari Islam Makhachev.

Kemudian ada Max Holloway yang merupakan penantang nomor satu dari Volkanovski. Meski sudah tiga kali kalah dari Volkanovski dalam perebutan gelar juara, Holloway tetap punya kemampuan bertarung yang luar biasa.

Petarung selanjutnya yang berpotensi menjadi lawan Jeka adalah atlet asal Meksiko, Yair Rodriguez. Rodriguez kini menempati ranking kedua UFC kelas bulu.

Daftar 16 besar petarung UFC kelas bulu calon lawan Jeka Saragih

Juara: Alexander Volkanovski

1. Max Holloway

2. Brian Ortega

3. Yair Rodriguez

4. Chan Sung Jung

5. Calvin Kattar

6. Arnold Allen

7. Josh Emmett

8. Giga Chikadze

9. Dan Ige

10. Edson Barboza

11. Bryce Mitchell

12. Sodiq Yusuff

13. Movsar Evloev

14. Shane Burgos

15. Alex Caceres.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More