Irwan Febri Rialdi
Islam Makhachev bersama Khabib Nurmagomedov. (AFP/Giuseppe CACACE)

Bolatimes.com - Islam Makhachev berhasil mempertahankan sabuk kelas ringan UFC tetap melingkar di pinggangnya usai mengalahkan Alexander Volkanovski.

Pertarungan di UFC 284 pada Minggu (12/2/2023) itu berjalan dengan sengit. Volkanovski mampu memberi perlawanan berarti buat Islam Makhachev.

Namun pada akhirnya, Islam Makhachev berhasil menang angka mutlak atas Volkanovski. Ketiga juri memberikan kemenangan bagi Makhachev dengan angka 48-47, 48-47, dan 49-46. 

Lantas, siapa sebetulnya Islam Makhachev ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Islam Makhachev

Sosok dengan nama lengkap Islam Ramazanovich Makhachev ini lahir pada 27 Oktober 1991 di Dagestan, Rusia. ia tumbuh besar di Burshi, Dagestan.

Kariernya di dunia MMA dimulai pada 2010 dengan mengalahkan Magomed Bekbolatev. Setahun berikutnya, Islam mencatatkan 5 kemenangan beruntun di arena MMA.

Kehebatan Islam Makhachev ini tidak terlepas dari tangan dingin Abdulmanap Nurmagomedov, ayah sekaligus guru dari Khabib. Islam dan Khabib tak punya hubungan keluarga, tapi hubungan mereka sangat dekat sejak kecil. Mereka merupakan sahabat yang pernah pergi ke sekolah yang sama.

Makhachev lalu direkrut UFC pada 2015. Dia pernah mengalami kekalahan dari Adriano Martins pada duel keduanya di UFC Oktober 2015. Namun, ia mampu bangkit setelahnya dan sukses meraih 11 kemenangan beruntun. 

Momen pembuktian Islam Makhachev Kemenangan teraktual tentu saja yang paling menyedot perhatian. Islam Makhachev mengalahkan Charles Oliveira di UFC 280 untuk keluar sebagai juara dunia kelas ringan.

Kemenangan ini juga sekaligus membuktikan ucapan Khabib Nurmagomedov yang menyebut bahwa Islam Makhachev hanya tinggal menunggu waktu untuk bersaing di level atas dan menjadi juara dunia.

Islam Makhachev pun kini mengukuhkan dirinya sebagai petarung terbaik di UFC usai mempertahankan sabuk kelas ringan di pertarungan melawan Alexander Volkanovski.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More