Husna Rahmayunita
Tunggal putra Indonesia Anthony Ginting. (Instagram/@ina.badminton)

Bolatimes.com - Babak 16 besar India Open 2023 hari ini, Kamis (19/1/2023) menampilkan aksi deretan bintang dunia termasuk wakil Indonesia Antony Ginting hingga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Mereka akan melanjutkan perjuangan di India Open 2023 untuk memperebutkan tiket ke perempat final turnamen BWF Super 750 tersebut.

Dari tunggal putra, peringkat nomor satu dunia, Viktor Axelsen dari Denmark akan kembali bertemu dengan finalis All England 2017 Shi Yuqi dari China.

Berdasarkan statistik BWF, keduanya terakhir bertemu di perempat final Sudirman Cup 2021, dengan kemenangan diraih Axelsen melalui dua game beruntun. Selama tujuh kali pertemuan, Shi hanya sekali meraih kemenangan atas Axelsen di Dubai World Superseries 2017 dengan tiga game.

Selanjutnya, unggulan Malaysia Lee Zii Jia akan menghadapi Li Shi Feng dari China. Dengan dua kali pertemuan, mereka masing-masing mengantongi kemenangan atas satu sama lain, dengan terakhir dimenangkan oleh Lee di Thailand Open 2022.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia yaitu Anthony Sinisuka Ginting akan bertanding melawan Kantaphon Wangcharoen dari Thailand. Ada pula Jonatan Christie berhadapan dengan wakil China Zhao Jun Peng untuk memperebutkan kemenangan ke kuarter final.

Tak kalah seru, di kategori tunggal putri akan mempertemukan para jagoan dari seluruh dunia. Pertandingan klasik dari wakil Thailand Ratchanok Intanon melawan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Carolina Marin.

Secara head-to-head, Intanon masih mengungguli Marin 7-4, dengan kemenangan terakhir diraih olehnya melalui tiga game ketat pada final Daihatsu Indonesia Masters 2020.

Ada pula pertemuan selanjutnya dari Gregoria Mariska Tunjung melawan An Se Young dari Korea Selatan. Keduanya terakhir bertemu di HSBC BWF World Tour Finals 2022 dengan tiga game, dan kemenangan didapatkan An.

Sementara itu, peringkat nomor satu dunia Akane Yamaguchi nanti akan menghadapi Han Yue dari China. Lalu, unggulan tuan rumah Saina Nehwal akan berhadapan dengan ranking tiga dunia Chen Yu Fei.

Pada kategori ganda campuran, pasangan dari Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati bersiap menemui peringkat satu dunia Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Pertemuan pertama dan terakhir mereka adalah pada Denmark Open 2022 dengan kemenangan pasangan Tiongkok.

Di segmen andalan ganda campuran, peraih ranking satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan melawan juara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di babak kedua India Open tahun ini.

Pasangan ini terakhir bertemu di babak 16 Besar Indonesia Open 2022 dengan kemenangan diraih oleh Fajar/Rian melalui tiga game.

Pasangan Indonesia lainnya, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menghadapi pasangan dari China Xiang Yu Ren/Qiang Tan untuk pertama kalinya. Minions kini berada di peringkat 19 dunia, sementara duo dari Negeri Tirai Bambu berada di peringkat 27.

Terakhir, di kategori ganda putri, pasangan unggulan Korea Kim Se Yeong/Kong Hee Yong akan berhadapan dengan pasangan Jepang Rin Iwanaga/Kie Nakanishi. Ada juga Lee So Hee/Shin Seung Chan akan melawan pasangan adik-kakak dari Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Babak kedua India Open 2023 digelar di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Kamis (19/1/2023) mulai pukul 10.30 WIB.

(Antara)

Load More