Rauhanda Riyantama
Gregoria Mariska Tunjung jadi runner up Australian Open 2022 usai kalah dua gim langsung lawan An Se-young di partai final. (Twitter/@BadmintonTalk)

Bolatimes.com - Gregoria Mariska Tunjung harus puas menjadi runner up Australian Open 2022 usai takluk atas wakil Korea Selatan, An Se-young, Minggu (20/11/2022). Faktor kelelahan fisik jadi kegagalan tunggal putri Indonesia tersebut.

Menurut pelatih tunggal putri Indonesia Herli Djaenudin, Gregoria Mariska takluk dari An Se-young karena kelelahan. Fisik pemain 23 tahun itu dianggap sudah terkuras habis hingga kalah dua gim langsung, 17-21, 9-21 di Quay Centre, Sydney, Minggu.

Dalam perjalananya ke final, Gregoria harus menjalani pertandingan tiga gim ketika berhadapan dengan wakil Jepang Saena Kawakami pada perempat final dan Han Yue asal China dalam semifinal. Herli menyebut anak asuhnya bahkan sampai muntah setelah pertandingannya melawan Han, Sabtu (19/11).

Baca Juga:
Jadwal Piala Dunia 2022 Nanti Malam: Ada Inggris vs Iran, Senegal vs Belanda, dan Amerika Serikat vs Wales

"Hari ini Gregoria memang (energinya) sudah habis. Rasa capeknya belum pulih. Tidak bisa mengikuti kecepatan lawan. Di gim pertama masih bisa (mengimbangi), tapi gim kedua sudah habis. Maka dia banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Herli dalam keterangan tertulis PBSI yang diterima di Jakarta.

Gregoria, yang untuk pertama kalinya menembus final BWF World Tour, takluk dua gim langsung 17-21, 9-21 kepada An Se Young dalam laga berdurasi 36 menit sehingga dia pun harus puas dengan hanya sebagai runner-up turnamen level Super 300 itu.

Meski begitu, menurut Herli, capaian Gregoria bisa sampai ke final di Australia merupakan hasil yang maksimal di saat kondisinya masih belum pulih 100 persen setelah mengikuti tiga turnamen Eropa.

Baca Juga:
Beda Nasib, Kisah Dua Kakak Julian Alvarez yang Hanya Bermain di Kompetisi Amatir Inggris

"Gregoria belum pulih benar dari jetlag dari tur Eropa. Kondisinya memang sudah habis. Gerakan kakinya lambat bisa mengejar shuttlecock. Tetap harus tetap bersyukur dengan hasil ini," tutur Herli.

Gregoria juga mengatakan sudah sangat kelelahan pada dua pertandingan sebelumnya. Meski kalah namun dia tetap senang dengan pencapaian dia di Australia.

Pebulu tangkis peringkat ke-19 dunia itu menuturkan bahwa kondisi fisiknya yang terkuras membuat dia tidak bisa keluar dari tekanan lawan pada gim kedua. Sementara itu, performa An Se Young justru jauh lebih prima dibanding gim pertama.

Baca Juga:
Fakta Foto Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Main Catur Bareng, Ternyata Cuma Editan

"Dua pertandingan sebelumnya, saya akui benar-benar sangat melelahkan dan di final saya tidak bisa keluar dari tekanan," ujar dia.

"Itu karena pengembalian dan kualitas lawan sangat bagus. Saat ada kesempatan mengambil poin, saya malah tidak sabar dan malah mati sendiri," pungkas Gregoria Mariska Tunjung, demikian Antara.

Baca Juga:
Tumbangkan Qatar di Laga Pembuka Piala Dunia 2022, Begini Komentar Pelatih Ekuador

Load More