Husna Rahmayunita
Aksi Anthony Ginting dalam laga final Singapore Open 2022. (Instagram/@badminton.ina)

Bolatimes.com - Berikut daftar sementara pebulu tangkis Indonesia yang berhasil menembus BWF World Tour Finals 2022. Kejuaraan tersebut akan berlangsung pada 14-18 Desember 2022 mendatang.

Seusai melakoni musim yang panjang dan melelahkan sepanjang tahun 2022 ini, seluruh pebulu tangkis top di dunia akan melakoni turnamen penutup yakni BWF World Tour Finals 2022.

Untuk edisi 2022 ini, BWF menunjuk Guangzhou, China sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Tour Finals tahun ini.

Meski ajang ini menjadi ajang bagi seluruh pebulu tangkis dari berbagai belahan dunia, tercatat hanya ada beberapa pebulu tangkis saja yang bisa tampil di ajang ini.

Total hanya delapan pebulu tangkis dengan jumlah poin terbanyak dari berbagai sektor yang akan tampil di lima sektor berbeda di ajang ini.

Poin tersebut dihitung berdasarkan pencapaian setiap pebulu tangkis dari sejumlah turnamen BWF dari Super 100 hingga Super 1000.

Selain itu, BWF memberikan pengecualian kepada lima pebulu tangkis yang berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis.

Sehingga, para peraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 pun akan otomatis lolos ke BWF World Tour Finals 2022 atau WTF 2022.

Dari Indonesia sendiri, sejauh ini ada lima pebulu tangkis yang berhasil menembus BWF World Tour Finals 2022. Siapa saja mereka?

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian (Ganda Putra)

Ganda Putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat berlaga di Denmark Open 2022, Sabtu (22/10/2022). ANTARA/HO-PP PBSI/am.

Salah satu ganda putra kebanggaan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berhasil menggenggam tiket ke BWF World Tour Finals 2022.

Hal ini lantaran pasangan berjuluk Fajri itu berada di peringkat pertama ranking World Tour Finals 2022 dengan perolehan 91.870 poin.

2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Ganda Putra)

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kanan) dan Hendra Setiawan (kiri). (ANTARA FOTO/HO-Humas PBSI/app/nym)

Masih dari sektor ganda putra, pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga berhasil lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Pasangan berjuluk The Daddies ini berada di peringkat kedua ranking World Tour Finals 2022 dengan perolehan 69.300 poin usai mencapai empat final di turnamen yang dihelat pada tahun ini.

3. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Ganda Campuran)

Ekspresi pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, saat menjuarai Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2017. [Humas PBSI]

Dari sektor ganda campuran, Indonesia memiliki secercah harapan pada pasangan RInov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari untuk World Tour Finals 2022.

Rinov/Pitha berhasil menggenggam tiket ke World Tour Finals 2022 usai menempati peringkat ke-6 saat ini dengan jumlah poin sebanyak 56.600.

4. Anthony Ginting (Tunggal Putra)

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting merayakan kemenangannya melawan Kodai Naraoka dari Jepang pada final tunggal putra turnamen bulu tangkis Singapura Open 2022 di Singapura pada (17/7/2022). ANTARA/Roslan Rahman/AFP/pri. (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, juga tak mau ketinggalan untuk bisa tampil di ajang World Tour Finals 2022.

Berkat kiprahnya di Hylo Open 2022 lalu, termasuk mengalahkan Loh Kean Yew, Ginting pun naik ke peringkat ke-5 World Tour Finals dengan perolehan 60.000 poin.

5. Jonatan Christie (Tunggal Putra)

Arsip - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie melaju ke perempat final French Open 2019. (Tim PBSI)

Anthony Ginting tak sendiri di World Tour Finals 2022. Pasalnya, kompatriotnya dari tunggal putra, Jonatan Christie, juga berhasil menembus ajang ini.

Jojo, sapaan Jonatan Christie, menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama yang lolos ke World Tour Finals usai menduduki peringkat ke-4 dengan 64.960 poin.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More