Husna Rahmayunita
Pebulu tangkis tunggal putri China He Bing Jiao. (AFP/Ted Aljibe)

Bolatimes.com - Pebulu tangkis spesialis tunggal putri China, He Bing Jiao keluar sebagai juara French Open 2022 setelah sepekan sebelumnya menjuarai Denmark Open 2022.

Duel He Bing Jiao melawan Carolina Marin di final French Open 2022 digelar pada Minggu (30/10/2022) di Stade Pierre de Coubertin, Paris.

He Bing Jiao sukses merengkuh gelar kedua beruntun usai mengalahkan Carolina Marin dalam tiga gim dengan skor 16-21. 21-9, 22-20.

Carolina Marin gagal mempertahankan konsistensi permainannya, setelah berhasil menutup gim pertama dengan skor yang cukup meyakinkan.

Namun pada gim kedua, pebulu tangkis tunggal putri Spanyol itu justru menjadi bulan-bulanan wakil China hingga perolehan poinnya terhenti doi satu angka.

Carolina Marin sempat memberi perlawanan sengit pada gim penentuan atau gim ketiga, bahkan memaksa pertandingan berlanjut dengan deuce.

Sayangnya ketangguhan wakil Spanyol itu belum mampu membuat ganasnya He Bing Jiao merengkuh gelar kedua beruntunnya di Eropa tahun ini.

Profil He Bing Jiao

Pebuku tangkis tunggal putri China He Bing Jiao. (AFP/Ted Aljibe)

Termasuk dalam 10 besar tunggal putri, He Bing Jiao berhasil membuat China tak kehilangan wajah mereka di sektor putri.

Namanya melejit setelah merengkuh medali perunggu Kejuaraan Dunia 2021, ia memulai karier saat usianya masih 16 tahun.

Capaian pertamanya saat itu di semifinal Kejuaraan Junior Asia, di ajang yang sama pada 2013 He Bing Jiao kembali mencapai semifinal.

Namun saat itu ia kalah dari wakil Jepang, Aya Ohori sebelum meraih gelar pertamanya di Vietnam Open usai mengalahkan wakil Indonesia, Hera Desi.

Di level profesional, gelar pertamanya diraih di China Masters 2015 saat itu mengalahkan kompatriotnya Hui Xirui.

Gelar juara di turnamen terbesar pertamanya saat itu terjadi di tahun 2016, tepatnya di Swiss Open dengan mengalahkan sederet pemain top dunia.

Termasuk Ratchanok Intanon dan Pusarla V Shindu, torehan juara yang semakin sering didapat hingga teranyar mulai Jerman Open 2022.

Teranyar, ia sukses meraih gelar di French Open 2022 usai sebelumnya mengamankan gelar Denmark Open 2022.

Nama Lengkap: He Bing Jiao

Usia: 25 tahun

Tanggal Lahir: 21 Maret 1997

Tempat Lahir: Lianyungang, Jiangsu, China

Kebangsaan: China

Agama: Belum diketahui

Rekor Karier: 233 menang, 89 kalah

Awal Karier: 2013

Tinggi: 1,69 m

Perangkat Dunia Saat Ini: 8

Peringkat Tour Dunia: 5

Kontributor: Eko
Load More