Husna Rahmayunita
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu / Siti Fadia Silva Ramadhanti saat tampil di Indonesia Masters 2022. [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Bolatimes.com - Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengincar gelar juara di Eropa, utamanya di Denmark Open 2022 dan France Open 2022.

Fadia mengungkap targetnya bersama sang partner hjelang tur Eropa mulai Denmark Open 2022 pekan depan. Keduanya ingin bermain sebaik mungkin dan berharap bisa melalui setiap babak dengan baik.

Selain menargetkan gelar juara, Apri/Fadia juga ingin tur Eropa menjadi modal mereka agar bisa naik peringkat sesuai harapan.

"Target juara di Eropa, tapi tidak mau muluk-muluk dan ingin fokus satu per satu pertandingan. Maunya juara di Denmark dan Prancis," kata Fadia seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2022).

Sebagai persiapan bermain di Denmark dan Prancis, Apri/Fadia telah melakoni program latihan intensif di Pelatnas Cipayung selama kurang lebih empat minggu, yang dimulai sejak kepulangan dari Jepang.

Selama latihan, Fadia juga mengasah kekurangannya berdasarkan evaluasi dari turnamen bulan lalu. Menurut Fadia, aspek fokus menjadi sektor yang harus dia benahi sebelum bertolak ke Eropa.

"Kalau saya kurangnya di fokus dan daya tahan. Persaingan di papan atas makin ketat dan ramai, jadi harus cari celah agar tidak mudah mati sendiri juga," kata Fadia.

Ganda putri peringkat 24 dunia itu pun berhasrat bisa tembus ranking 15 dunia di sisa kompetisi musim 2022. Pada Juni lalu pasangan tersebut menurut basis data BWF berada pada peringkat ke-210.

Lalu peringkat Apri/Fadia meroket hanya dalam waktu dua bulan berkat perolehan poin yang berlipat ganda. Dua gelar juara dari Malaysia Open (Super 750) dan Singapore Open (Super 500), serta runner-up Indonesia Masters (Super 500) menjadi modal besar Apri/Fadia.

Berkat perolehan tersebut, peringkat Apri/Fadia naik ke-79 pada awal Juli dan menjadi 40 pada akhir Agustus. Bulan September juga menjadi saksi perbaikan peringkat mereka dengan masuk 30 besar ke posisi 26, yang kemudian menjadi 24 pada awal Oktober.

"Kalau target tahun ini masuk 'top fifteen'... Sekarang mau menaikkan peringkat lagi," pungkas Fadia.

Load More