Husna Rahmayunita
Pebasket Indonesia Marques Bolden (tengah) melakukan 'lay up' ke ring tim nasional Arab Saudi dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bolatimes.com - Sosok Marques Bolden jadi perhatian setelah pebasket naturalisasi Indonesia itu resmi bergabung dengan juara NBA tahun 2021 Milwaukee Bucks.

Milwaukee Bucks memperkenalkan Marques Bolden sebagai roster terbarunya lewat akun Twitter resmi pada Senin (26/9/2022).

Pemain timnas yang berhasil membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021 itu akan berlaga di NBA musim 2022-2023.

Lantas siapakan Marques Bolden? Berikut fakta menariknya seperti dikutip dari SuaraJogja.id.

1. Pemain naturaliasi Timnas Basket Indonesia

Pebasket Indonesia, Marques Bolden (tengah) melakukan dunk ke ring Timnas Basket Arab Saudi dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Marqus Bolden lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat 24 tahun silam. Ia menjalani proses naturalisasi pada pertengahan tahun 2021. Saat ini Marques Bolden secara resmi memiliki kewarganegaraan Indonesia.

2. Pernah Berseragam Cleveland Cavaliers

Setelah gagal menembus NBA Draft 2019, Marques Bolden merapat ke Cleveland Cavaliers di kompetisi NBA Summer League. Namun sang pemain tidak bertahan lama, Cleveland Cavaliers melepas Marques Bolden dan mengirimnya ke Canton Charge, tim NBA G League.

3. Persembahkan Medali Emas SEA Games 2021

Usai menjadi pemain naturalisasi timnas basket Indonesia, Marques Bolden berhasil membantu Indonesia dalam meraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam.

Capaian tersebut menjadi sejarah baru bagi basket Indonesia dan ASEAN. Pasalnya selain meraih medali emas, Indonesia berhasil mengakhiri dominasi Filipina yang secara berturut-turut meraih medali emas dalam 13 edisi.

4. Setim dengan Salah Satu Pemain Terbaik NBA

Di klub barunya, Milwaukee Bucks, Marques Bolden akan bermain dengan Giannis Antetokounmpo yang merupakan pebasket asal Yunani dan menyandang status pemain terbaik NBA.

Banyak yang mengungkapkan ketenaran Antetokounmpo tak ubahnya pemain top lainnya seperti Stephen Curry, bahkan tak sedikit yang mensejajarkan dengan legenda NBA LeBron James. Tentunya hal ini akan menjadi nilai plus bagi bintang muda Timnas Basket Indonesia itu.

(SuaraJogja.id/Moh. Afaf El Kurnia)

Load More