Irwan Febri Rialdi
Cara melakukan servis dalam bola voli. (Dok. Kemdikbud)

Bolatimes.com - Cara melakukan servis bawah dalam bola voli adalah salah satu teknik dasar yang ada dalam permainan olahraga bola voli.

Adapun, servis atau service merupakan pukulan pertama untuk memulai permainan bola voli. Kesalahan atau gagal servis akan diberikan satu poin untuk tim lawan.

Oleh karena itu pukulan servis harus dikuasai dengan baik oleh seorang atlet voli. Namun, tidak semua pemain boleh melakukan servis dalam permainan bola voli.

Pemain yang dimaksud adalah seseorang yang berposisi sebagai libero.

Servis dalam bola voli sendiri terbagi menjadi dua, yaitu servis atas dan servis bawah. Pada artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai servis bawah dalam bola voli.

Servis Bawah dalam Bola Voli

Permainan bola voli membutuhkan penguasaan yang baik dalam teknik-teknik dasarnya. Bagi yang belum terbiasa memainkan bola voli, maka olahraga ini tergolong cukup sulit untuk dimainkan orang awam.

Olahraga voli sendiri dapat dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor dengan ukuran 18×9 meter. Kemudian, net untuk putera adalah 2,43 meter dan putri 2,24 meter.

Servis bawah atau dikenal juga dengan sebutan underhand serve. Gerakan servis ini terbilang cukup mudah dilakukan oleh pemula karena tidak memerlukan tenaga yang besar.

Namun, dalam melakukan gerakan servis harus fokus pada ayunan tangan agar perkenaan bola tepat dengan tangan.

Tangan harus berada tepat di belakang bawah bola, sudut dorongan atau ayunan tangan memiliki sudut antara 30-45 derajat ke depan, sehingga bola bisa melewati atas net.

Cara Melakukan Servis Bawah dalam Bola Voli:

1. Ambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang akan digunakan untuk melakukan servis bawah

2. Posisikan salah satu kaki sedikit lebih maju dari kaki satunya, lalu condongkan sedikit tubuh ke depan

3. Pegang bola voli dengan tangan kiri atau tangan kanan jika Anda seorang kidal, kemudian posisikan di depan tubuh

4. Kepalkan tangan kanan dan tarik ke belakang

5. Lempar bola voli di tangan kiri. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke depan untuk memukul tepat di bagian bawah bola

6. Gunakan kekuatan untuk memukul bola melewati net dan jatuh ke area lawan. Namun, jangan sampai melewati area tersebut karena akan dianggap gagal dan poin diberikan kepada tim lawan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More