Irwan Febri Rialdi
Ilustrasi olahraga. (Ruparupa.com)

Bolatimes.com - Olahraga secara teratur akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi resiko penyakit kronis, meningkatkan suasana hati, dan menjaga berat badan.

Namun, untuk mulai berolahraga secara rutin tentu membutuhkan ketekunan. Tidak perlu khawatir, kami akan membagikan beberapa tips praktis untuk mulai rutin berolahraga.

1. Mulai Perlahan-lahan Secara Teratur

Kalau kamu baru mulai berolahraga, kemungkinan besar tubuh masih kaku dan belum terbiasa dengan hal tersebut. Jadi, kamu bisa mulai secara perlahan-lahan sesuai dengan kapasitas. Tak perlu terburu-buru dan membandingkan diri kamu dengan orang lain. Lebih baik fokus pada perkembangan latihan kamu setiap harinya.

Setelah tubuh sudah mulai terbiasa olahraga, tambah intensitas latihan sedikit demi sedikit setiap hari. Misalnya, pada minggu pertama kamu hanya bisa mengangkat dumbbell 2 kg, maka di minggu kedua, kamu bisa menambah 0,5 kg.

2. Pastikan Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah pemanasan sebelum dan pendinginan setelah selesai olahraga. Pemanasan sebelum olahraga bisa menghindari resiko cidera dan menyiapkan tubuh untuk gerakan olahraga. Misalnya, kalau kamu mau olahraga lari, kamu bisa berjalan selama 10 menit terlebih dahulu  sebagai pemanasan.

Nah, setelah selesai berolahraga, kamu perlu melakukan pendinginan supaya tubuh bisa kembali ke keadaan normal. Pendinginan juga bisa mengurangi nyeri otot yang terjadi setelah berolahraga keras dan bisa membuat tubuh jadi lebih fleksibel.

3. Siapkan Peralatan yang Kamu Butuhkan

Selanjutnya, siapkan peralatan olahraga yang kamu perlukan. Kamu bisa menggunakan alat gym  sederhana, seperti tali skipping, dumbbell, barbell, bola gym, matras, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia 3 tips praktis buat kamu yang ingin mulai berolahraga. Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan olahraga hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan perabot kekinian dan peralatan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, Ataru, Krisbow, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

Load More