Irwan Febri Rialdi
Ganda putra Taiwan Lee Yang dan Wang Chi-Lin. [AFP]

Bolatimes.com - Setelah meraih sejumlah kegagalaan di sejumlah kejuaraan pada tahun ini, pebulu tangkis asal Taiwan peraih medali Olimpiade 2022, Lee Yang, ingin belajar dari ganda putra Indonesia,

Keinginan itu disampaikan Lee Yang setelah dia dan partnernya, Wang Chi Lin, tumbang dari pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Tee Kai Wun, pada laga final Taipei Open 2022.

Meskipun gagal meraih gelar juara, ini adalah keberhasilan pertama bagi Lee Yang/Wang Chi Lin lolos ke partai final turnamen BWF sepanjang tahun 2022.

Baca Juga:
Oknum Suporter Persis Solo Bikin Rusuh, Gibran: Susah Payah ke Liga 1, Buat Apa Seperti Itu?

Melalui akun Instagramnya, Lee Yang berupaya memberikan motivasi untuk dirinya sendiri agar bisa meraih prestasi pada ajang-ajang berikutnya.

“Ilmu bisa meningkat, baik akan menjadi hebat. Kerja keras tidak bisa dihentikan. Sayang sekali tidak bisa juara. Terima kasih untuk setiap detik kejuaraan ini,” kata Lee, Senin (25/7/2022).

Unggahan yang telah mendapatkan lebih dari 25 ribu likes itu mendapatkan respons dari pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi.

Baca Juga:
Persita Tangerang Perkuat Lini Depan, Boyong Striker Naturalisasi Eks Timnas Indonesia

Herry IP, begitu ia akrab disapa, memberikan semangat kepada atlet peringkat ketiga dunia tersebut. “Jangan pernah menyerah, Bro,” tulis Herry IP.

Mendapat suntikan motivasi dari Coach Naga Api, Lee kemudian memberikan balasan yang cukup mengejutkan. “Terima kasih, Coach. Saya harus belajar banyak dari Indonesia,” tulisnya membalas komentar Herry IP.

Profil Lee Yang

Baca Juga:
Timnas Indonesia Punya Bus Baru, Diharapkan Bisa Dipakai FIFA Matchday September

Lee Yang merupakan atlet bulu tangkis profesional yang lahir di Taipei, Taiwan, 12 Agustus 1995. Bersama Wang Chi-lin, dia sukses meraih medali emas Olimpiade 2020 di Tokyo.

Gelar juara pertama yang diraih Lee Yang di level internasional dimulai ketika berpasangan dengan Lee Jhe-huei pada ajang Vietnam Open Grand Prix tahun 2015.

Sebelumnya, pasangan ganda putra ini sudah melewati berbagai ajang, mulai dari Chinese Taipei Masters Grand Prix 2015, Vietnam Open Grand Prix 2015, dan Korea Masters Grand Prix Gold 2015.

Baca Juga:
Ketar-ketir, Media Vietnam Soroti Pemain Berdarah Jerman di Timnas Putri Indonesia U-18

Gelar juara selanjutnya diraih Lee Yang ketika memenangi ajang French Open 2017. Bahkan, pada ajang Asian Games 2018, ia sukses merebut medali perunggu, baik itu di nomor ganda putra maupun tim.

Pada tahun 2021, Lee Yang yang berpasangan dengan Wang Chi Lin sukses memenangkan duel melawan Li Junhui dan Liu Yuchen pada final Olimpiade Tokyo 2020.

Pada pertandingan yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo itu, mereka unggul dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-12.

Dengan gelar juara ini, mereka berdua menjadi pasangan yang tak diunggulkan pertama yang sukses menjuarai medali emas dalam sejarah bulu tangkis China Taipei.

Sampai saat ini, Lee Yang/Wang Chi-Lin masih menduduki peringkat keempat dalam rankin BWF. Mereka mengumpulkan total 101.668 poin dari total 42 turnamen yang diikuti.

Sebelumnya, kedua pasangan ini sempat berada di ranking tertingginya pada tahun 2021, yakni di peringkat ketiga BWF.

Gelar juara terakhir yang diraih oleh pasangan ini ialah pada ajang BWF World Tour Finals tahun 2020 seusai menumbangkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan dua gim langsung, 21-17 dan 23-21.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More