Husna Rahmayunita
Pebasket Indonesia Marques Bolden (tengah) melakukan 'lay up' ke ring tim nasional Arab Saudi dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia Marques Bolden disanjung pelatih Arab Saudi Mohamed Mounir Youssef Ekerdany berkat penampilan apiknya di laga perdana FIBA Asia Cup 2022, Selasa (12/7/2022).

Marques Bolden menjadi aktor di balik kemenangan Indonesia atas Arab Saudi. Dia mengantarkan Merah Putih menang 80-54 di laga perdana.

Bolden, yang untuk pertama kalinya tampil memperkuat Indonesia dalam pertandingan resmi, berkontribusi mencetak poin dari paint area serta menjaga ring.

Dia menjadi pemain paling produktif pada laga Indonesia vs Arab Saudi dengan mengemas 32 poin, 16 rebound dan enam blok setelah melantai sekitar 37 menit.

Arab Saudi, yang mengalahkan Indonesia pada dua laga kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023, harus mengakui keunggulan Indonesia.

Sang pelatih Mohamed Mounir Youssef Ekerdany menyebut kehadiran Marques Bolden membawa perubahan besar pada permainan tuan rumah Indonesia.

“Kami tidak diperkuat Khalid M Abdel Gabar, sedangkan Indonesia mempunyai Marques Bolden yang membuat perbedaan sangat besar. Dia bagus bermain di paint dan menjaga ring,” kata Elkerdany dalam jumpa pers usai laga.

“Kami mencoba bermain bertahan untuk meredam produktivitas Bolden di paint area agar ada penjagaan di sekelilingnya, tapi itu hanya berhasil dua sampai tiga menit,” kata dia menambahkan.

Marques Bolden sebelumnya tidak diturunkan dalam dua laga kualifikasi melawan Arab Saudi dan Yordania karena masih dalam tahap pemulihan cedera dan sempat bermasalah dengan perut. Absennya Bolden saat itu disebut menjadi salah satu penyebab kekalahan Indonesia.

Arab Saudi akan melanjutkan fase Grup A FIBA Asia Cup 2022 dengan melawan Australia pada Kamis (14/7) ketika Indonesia akan bersua Yordania pada hari yang sama sebelum berjumpa juga dengan Australia pada Sabtu (16/7).

(Antara)

Load More