Irwan Febri Rialdi
Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalahkan Vivian Hoo/Chiew Sien asal Malaysia dan melenggang ke perempat final Indonesia Masters 2022 di Jakarta, Kamis. (ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)

Bolatimes.com - Siti Fadia Silva Ramadhanti kini tengah jadi sorotan berkat penampilan ciamik bersama Apriyani Rahayu di sektor ganda putri Indonesia.

Muncul sebagai pengganti "dadakan" Greysia Polii yang memutuskan pensiun pertengahan tahun ini, Fadia mampu membangun chemistry dengan cepat bersama Apriyani.

Mereka resmi dipasangkan bersama pada pertengahan Mei 2022. Ketika itu, kebetulan pasangan Fadia sebelumnya, Ribka Sugiarto, juga mengalami cedera.

Baca Juga:
Tak Peduli Berapa Gol, Timnas Indonesia U-19 Harus Menang Lawan Brunei Darussalam

Mulai dari situ, Fadia dan Apriyani dipasangkan bersama. SEA Games 2021 di Hanoi menjadi ajang resmi pertama Apriyani/Fadia bermain sebagai ganda putri.

Hasilnya tak main-main. Sebagai pasangan yang baru digabungkan beberapa waktu saja, mereka mampu membawa pulang medali emas ganda putri SEA Games 2021.

Terbaru, Apriyani/Fadia sukses menyabet gelar juara Malaysia Open 2022. Mereka mengalahkan ganda putri asal China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu.

Baca Juga:
Tampil Kurang Maksimal di Laga Perdana Piala AFF U-19 2022, Ronaldo Kwateh Diejek Media Vietnam

Lantas, siapa sebetulnya Siti Fadia Silva Ramadhanti ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Siti Fadia Silva Ramadhanti

Siti Fadia Silva Ramadhani merupakan atlet bulu tangkis kelahiran Bogor, Jawa Barat, pada 16 November 2000.

Baca Juga:
Kurang Persiapan, Brunei Darussalam Ikhlas Dihajar Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022?

Saat usianya 14 tahun, Siti Fadia bergabung dengan PB Djarum. Tidak butuh waktu lama, Fadia langsung terpilih ke pelatnas junior pada 2017.

Fadia terbilang punya prestasi mentereng dan terbiasa bermain di beberapa sektor saat junior. Dia sempat meraih medali emas Kejuaraan Asia U-17 sektor ganda putri bersama Agatha Imanuela.

Di ajang yang sama, Fadia juga meraih medali perunggu sektor ganda campuran dengan berpasangan bersama Rehan Naufal Kusharjanto.

Baca Juga:
Piala Presiden 2022: Detik-detik Pemain PSM Makassar Dikartu Merah usai Tendang Bola ke Ballboy

Bahkan gelar pertama Fadia saat menjejak karier di level senior, hadir dari sektor ganda campuran yaitu Indonesia International Challenge.

Setelah dipisah dari Agatha Imanuela, Fadia dipasangkan dengan Ribka Sugiarto di pertengahan 2019. Mereka meraih gelar Indonesia Masters Super 100 2019.

Fadia dan Ribka kemudian 'diceraikan' pada 2022. Fadia lalu dipasangkan dengan Apriyani Rahayu dan langsung unjuk kebolehan.

Sejauh ini pasangan Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Apriyani Rahayu sudah mengoleksi runner-up Indonesia Master Super 500 2022, medali emas SEA Games 2021, dan Malaysia Open 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More