Irwan Febri Rialdi
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto melakukan selebrasi saat bertanding di Indonesia Masters 2022. [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Bolatimes.com - Setelah berakhirnya ajang Indonesia Open 2022, catatan pebulu tangkis pada peringkat BWF World Tour Finals 2022 masih belum cukup bisa dikatakan impresif.

Berdasarkan perhitungan terbaru pada ranking BWF World Tour Finals 2022, hanya ada empat pebulu tangkis Indonesia yang bisa lolos.

Menurut rencana, ajang BWF World Tour Finals 2022 akan diselenggarakan di Guangzhou, China, pada 14 hingga 18 Desember 2022.

Sebagai informasi, hanya delapan peringkat teratas dunia di setiap sektor yang berhak mengikuti turnamen tertutup tersebut. Selain itu, setiap negara juga maksimal mengirimkan dua wakil di setiap sektor.

Untuk nomor ganda putra, Indonesia masih bisa bernafas lega karena ada tiga wakilnya yang sukses melejit di urutan teratas.

Di urutan pertama, ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan perolehan 44.150 poin. Jumlah ini disusul oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di urutan kedua dengan koleksi 37.730 poin. 

Sedangkan di peringkat ketiga ada Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dengan perolehan 34.560 poin. Artinya, tidak ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam daftar ini.

Pasangan ganda putra nomor satu dunia itu masih tersungkur di peringkat ke-19 dengan koleksi 19.620 poin.

Sementara itu, sektor tunggal putra juga mengalami nasib serupa. Ada dua wakil Indonesia yang sukses masuk ke peringkat 10 besar Rangking BWF World Tour Finals 2022.

Dua pebulu tangkis yang dimaksud ialah Jonathan Christie di urutan kelima dengan 31.170 poin dan Anthony Sinisuka Ginting di urutan ketujuh dengan 29.490.

Untuk nomor ganda campuran, ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang berada di urutan ke-10 dengan koleksi 25.730 poin. Mereka harus bekerja keras di sisa turnamen BWF World Tour andai ingin lolos.

Sementara itu, tak ada satu pun wakil Indonesia di nomor tunggal putri dan ganda putri yang mampu menembus peringkat delapan besar BWF World Tour 2022.

Apabila mereka ingin lolos ke ajang ini, maka perjuangan ekstra keras wajib dikerahkan pada sisa gelaran BWF World Tour tahun ini.

Menurut jadwal, masih ada beberapa ajang BWF World Tour di tahun 2022 hingga November 2022 yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang poin sebanyak mungkin.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More