Husna Rahmayunita
Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia Brandon Jawato. (dok.IBL)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Basket Indonesia mencetak sejarah di SEA Games 2021 tak terlepas dari bantuan tiga pemain naturalisasi.

Tiga pemain naturalisasi tersebut sukses membantu timnas basket Indonesia memenangi duel pamungkas melawan Filipina untuk memastikan medali emas SEA Games 2021.

Pada pertandingan yang berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Minggu (22/5/2022) itu, tiga pemain naturalisasi ini juga masih menjadi kekuatan tersendiri.

Mereka mampu membantu timnas basket Indonesia menumbangkan Filipina yang berstatus sebagai raja basket Asia Tenggara dengan skor akhir 85-81.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain naturalisasi yang membantu timnas basket Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2021.

1. Dame Diagne

Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia Dame Diagne. (dok.IBL)

Dame Diagne merupakan pemain naturalisasi timnas basket Indonesia yang lahir di Senegal pada 29 Juli 2005. Saat ini, usianya belum genap menginjak 17 tahun.

Dengan usia itu, Dame Diagne menjadi pemain termuda skuad timnas basket Indonesia yang tampil di SEA Games 2021.

Bakatnya memang sudah terlihat jelas sejak usia muda dan membuat pelatih Milos Pejic tertarik untuk memboyongnya ke SEA Games 2021.

Sebelumnya, Dame Diagne lebih banyak bermain di ajang IBL 2021 bersama Indonesia Patriots.

2. Brandon Jawato

Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia Brandon Jawato. (dok.IBL)

Pemain naturalisasi lainnya yang tampil impresif sepanjang gelaran SEA Games 2021 bersama timnas basket Indonesia ialah Brandon Jawato.

Meskipun lahir di Santa Monica, California, tapi sebetulnya Brandon Jawato memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Bali, Nyoman Jawato,

Setelah mengasah kemampuannya di Negeri Paman Sam, Jawato memutuskan untuk meniti karier di Indonesia pada 2016 saat bergabung ke Pelita Jaya.

Pemain yang saat ini bermain bersama klub Jepang, Utsunomiya Brex, itu menjadi salah satu pendulang poin timnas basket Indonesia di SEA Games 2021.

3. Marques Bolden

Pemain Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden. (Dok. IBL)

Marques Bolden menjadi salah satu pemain kunci yang ikut mengantarkan timnas basket putra Indonesia mengukir sejarah luar biasa di ajang SEA Games 2021.

Pebasket kelahiran Dallas, Texas, Amerika Serikat, pada 17 April 1998, itu memiliki karier yang tak bisa dipandang remeh. Sebab, ia pernah bermain di NBA bersama Cleveland Cavaliers.

Setelah kontraknya berakhir, ia bergabung ke Utah Jazz. Namun, dia diturunkan terlebih dahulu dan bermain di tim satelitnya, Salt Lake City Stars, yang menjadi klubnya sampai saat ini.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More