Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki rekor kemenangan yang cukup apik sejak menjabat sebagai juru taktik skuad Merah Putih pada Desember 2019.

Shin Tae-yong mendapat pekerjaan itu dari PSSI untuk menggantikan posisi pelatih timnas Indonesia sebelumnya, yakni Simon McMenemy.

Sejak saat itu, Shin Tae-yong sudah memulai pekerjaannya sebagai juru taktik, mulai dari mengasuh, timnas U-19, timnas U-23, hingga skuad senior timnas Indonesia.

Baca Juga:
Profil Abraham Damar Grahita yang Bawa Timnas Basket Indonesia Raih Emas SEA Games 2021

Sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan itu memiliki rekor kemenangan yang terbilang apik apabila melihat catatan performa timnas Indonesia selama berada di bawah asuhannya.

Shin Tae-yong sudah mengasuh timnas Indonesia di berbagai ajang, mulai dari Piala AFF 2020, SEA Games 2021, play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, hingga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Dari semua ajang yang pernah diikuti, termasuk laga uji coba internasional FIFA Matchday, Shin Tae-yong telah memimpin total 24 pertandingan.

Baca Juga:
Klasemen Akhir SEA Games 2021: Indonesia Finis Posisi 3, Jauh di Atas Malaysia

Tercatat, 13 pertandingan di antaranya sukses dimenangkan Shin Tae-yong, sementara tiga lainnya berakhir imbang, dan delapan kali berujung kekalahan.

Catatan ini tentu saja cukup terbilang apik apabila ukuran kesuksesan yang digunakan bukanlah raihan trofi. Sebab, ia memang belum mampu mempersembahkan prestasi apa pun selama menjadi pelatih timnas Indonesia.

Terlepas dari semua hasil itu, Shin Tae-yong masih memiliki sejumlah tugas berat yang menantinya sebagai juru taktik skuad Garuda.

Baca Juga:
Ogah Terlalu Bangga, Shin Tae-yong Anggap Menang Beruntung Lawan Malaysia

Yang terdekat, Shin Tae-yong harus mempersiapkan skuad Merah Putih untuk berjuang di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A harus bersaing dengan dua negara dari Asia Barat, yakni Yordania dan Kuwait. Kemudian, ada pula Nepal yang tidak bisa diremehkan.

Kualifikasi Piala Asia 2022 akan digelar dengan sistem home tournament dan setiap tim bertanding tiga kali. Di Grup A, Kuwait akan menjadi tuan rumah.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Anggap Marselino dan Ronaldo Kwateh Bisa Bersaing di Jepang Atau Korea

Sebagai informasi, hanya 11 tim yang bisa lolos ke Piala Asia 2023. Mereka adalah sang juara grup dan lima runner-up terbaik.

Selain itu, ada pula Piala AFF 2022 yang juga bakal diikuti oleh timnas Indonesia pada akhir tahun ini. Sebelumnya, Shin sukses mengantarkan skuad Garuda melaju hingga final di edisi 2020.

Tugas lain yang juga dijabat oleh Shin Tae-yong ialah menyiapkan timnas Indonesia U-19 sebaik mungkin. Pasalnya tim ini diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More