Irwan Febri Rialdi
Perenang Indonesia Flairene Candrea Wonomiharjo membentangkan bendera Merah Putih usai upacara pengalungan medali nomor renang 100 meter gaya punggung putri SEA Games 2021 Vietnam di Aquatic Sport Palace, Hanoi, Vietnam, Selasa (17/5/2022). . ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bolatimes.com - Penampilan luar biasa ditunjukkan Flairene Candrea Wonomiharjo, gadis 16 tahun yang sukses meraih medali emas SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam pada Selasa (17/5/2022).

Flairene Candrea Wonomiharjo turun di nomor 100 meter gaya punggung putri dan sukses meraih waktu tercepat dengan 1 menit 3,36 detik.

Catatan waktu yang ditorehkan Flairene Candrea Wonomiharjo ini berada di depan dua perenang Filipina, Isleta Doromal dan Geriane Taquba J.

Baca Juga:
Rumput Jelek, Shin Tae-yong Kembali Sentil Kualitas Lapangan Latihan Jelang Semifinal SEA Games 2021

Kesuksesan Flairene meraih medali emas SEA Games 2021 disambut haru dan penuh tawa emosional, sambil membawa bendera Merah Putih ia mengampiri sang ibu.

Pelatih dan rekan setimnya tak henti merangkul Flairene dan memberinya pelukan, satu medali emas raihannya menambah koleksi tim renang Indonesia.

Skuat asuhan Albert Susanto sebelumnya sudah mengamankan medali emas melalui Masniari Wolf pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Diprediksi Tumbangkan Thailand di SEA Games 2021

SEA Games 2021 sejatinya merupakan ajang olahraga internasional pertama yang diikuti Flairene, Albert selaku sang pelatih mengaku anak asuhnya itu sempat gugup.

Diketahui juga bahwa Flairene sebelumnya merupakan perenang artistik dan sempat menyumbang medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua pada 2021 lalu.

Insting Albert yang membawa Flairene ke renang lintasan dan hal itu terbukti dengan torehan emas di SEA Games 2021.

Baca Juga:
Bulu Tangkis SEA Games 2021: Kalah Tipis dari Thailand, Tim Putra Indonesia Sabet Perunggu

"Ini baru pertama kali. 'Event' yang kecil kelompok umur saja belum pernah. Jadi, ini lomba renang pertama internasional dia (Flairene)," ucap Albert.

"Saya punya insting, punya 'feeling', dia (Flairene) begitu 'smooth' di atas air, terutama daya apungnya. Saya rasa dia bisa," imbuhnya.

Meski begitu, renang lintasan bukanlah hal baru bagi Flairene karena ia sudah berlatih renang sejak usia enam tahun dan di 2015 mulai menekuni renang artistik.

Baca Juga:
Pertama Kali Sejak 1977, Tim Bulu Tangkis Indonesia 'Cuma' Raih Perunggu di SEA Games 2021

Perjuangan Flairene di SEA Games 2021 belum berhenti, ia masih harus berlaga di nomor estafet dan tentunya berharap kembali mendulang kesuksesan.

Optimisme tinggi diperlihatkan Flairene, saat time trial berhasil mencatatkan waktu 1 menit 3,71 detik dan hanya dengan waktu tiga minggu kemudian berhasil meraih waktu tercepatnya.

SEA Games 2021 merupakan ajang pembuktian Flairene, sudah sepatutnya masyarakat Tanah Air memberi dukungan penuh bagi Flairene saat ini.

"Aku buktikan di SEA Games tiga minggu kemudian bisa lebih cepat (satu menit 3,36 detik)," ucap Flairene.

Profil Flairene Candrea Wonomiharho, atlet renang Indonesia peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam.

Nama Lengkap : Flairene Candrea Wonomiharjo

Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 19 Januari 2005

Jenis Kelamin : Perempuan

Tinggi dan Berat Badan : 170 cm, 59 kg

Karier Berenang dan Prestasi :

Aktif mulai usia enam tahun

Tahun 2015 gabung renang artistik tim DKI Jakarta

Medali emas tim putri renang artistik PON 2021 Papua

Medali emas SEA Games 2021 (renang lintasan)

Kontributor: Eko

Load More