Irwan Febri Rialdi
Putri KW usai mengalahkan tunggal Vietnam di SEA Games 2021. (Dok. PBSI)

Bolatimes.com - Putri Kusuma Wardani alias Putri KW berhasil mengalahkan tunggal putri VietnamVu Thi Trang, dalam pertarungan rubber game dengan skor 21-19, 16-21, dan 21-15 di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Vietnam, Selasa (17/5/2022).

Hasil ini membantu tim beregu putri Indonesia meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Vietnam dalam pertandingan semifinal cabang olahraga bulu tangkis SEA Games 2021.

Putri KW tidak meraih kemenangan dengan mudah di laga ini. Sejak gim pertama, Vu Thi Trang yang dalam hal usia lebih senior darinya, tampil menyulitkan.

Baca Juga:
Jumpa Thailand di Final, Rionny Mainaky: Tak Mudah, Mereka Turunkan Kekuatan Penuh

Setelah unggul 4-3 di awal gim, Putri berbalik tertinggal hingga Vu Thi Trang mengunci interval dengan skor 11-8. Dominasi wakil Vietnam itu berlanjut pasca jeda sebelum Putri membalikan keadaan 15-14 lewat tiga poin beruntun.

Sejak momen itu, Putri KW mampu menjaga keunggulan. Dia mulai bisa menerapkan pola permainannya sebelum mengunci gim pertama dengan skor 21-19.

Di gim kedua, Putri kembali dibuat kesulitan oleh wakil Vietnam. Dia terus tertinggal sebelum membalikan keadaan untuk mengubah skor mnejadi 9-8. Namun setelahnya, dia kehilangan enam poin beruntun hingga tertinggal 9-14.

Baca Juga:
Final Bulu Tangkis Putri SEA Games 2021: Indonesia Jumpa Thailand

Putri mencoba bangkit dengan beberapa kali berhasil meraup poin. Dia sempat mencatatkan empat poin beruntun untuk menipiskan ketertinggalan menjadi 16-19, sebelum akhirnya kalah 16-21.

 Di gim penentuan, Putri mampu memulai dengan lebih baik. Dia mengendalikan permainan untuk unggul 11-9 saat interval dan melanjutkan momentum hingga mengubah skor menjadi 17-9 sebelum mengunci kemenangan 21-15.

Kemenangan Putri membawa Indonesia ungul 2-1 atas Vietnam dan tinggal membutuhkan satu poin lagi untuk merebut tiket ke partai final nomor beregu putri SEA Games 2021.

Baca Juga:
Terungkap, 3 Pemain Kunci yang Disembunyikan Timnas Thailand U-23 dari Shin Tae-yong

 Sebelum berbalik unggul 2-1, Indonesia tertinggal lebih dulu usai Gregoria Mariska Tunjung selaku wakil pertama kalah dari Nguyen Thuy Linh.

Profil Putri Kusuma Wardani

Lahir di Tangerang, Banten, pada 20 Juli 2022, Putri Kusuma Wardani merupakan atlet yang memulai kariernya di klub Exist, Jakarta.

Baca Juga:
Pajang Foto Bersama Viktor Axelsen, Syabda Perkasa Belawa Justru Diledek

Bersama Exist, dia menjadi bagian tim yang meraih gelar juara Superliga Junior 2018. Di tahun yang sama, Putri mendapat kesempatan masuk ke pelatnas PBSI.

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani saat menghadapi wakil Jerman, Ann-Kathrin Spori dalam laga perdana Grup A Piala Uber 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (9/10/2021). [BWF/Badminton Photo].

Putri langsung dipercaya tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan Kejuaraan Bulutangkis Asia Junior 2018. Di dua turnamen beregu ini, Putri membantu Indonesia meraih perunggu.

Baru di edisi kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2019, Putri membantu Indonesia menjadi juara usai mengalahkan tim China di final. Sementara di Kejuaraan Bulutangkis Asia junior edisi 2019, Putri membawa Indonesia meraih medali perak.

Prestasi Putri Kusuma Wardani di level kejuaraan beregu lainnya adalah membawa Indonesia meraih medali emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2022 di Malaysia.

Untuk prestasi di kejuaraan BWF sendiri, Putri sudah mampu menembus partai final Bangladesh International Challenge 2018 saat usianya baru 16 tahun. Sayangnya dia kalah dari wakil Vietnam.

Di tahun 2019, Putri berhasil meraih gelar juara pertamanya di tingkat perorangan dengan menjuarai Jakarta Junior International Series.

Putri Kusuma Wardani bikin kejutan saat mampu meraih gelar juara Spain Masters Super 300 pada Mei 2021, gelar ini diusul dengan menjuarai Czech Open pada Oktober 2021, dan Bangladesh International 2021 pada Desember 2021.

Putri Kusuma Wardani lantas memperbarui koleksi gelar individunya dengan menjuarai Orleans Masters Super 100 2022

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More