Jum'at, 02 Desember 2022
Husna Rahmayunita : Kamis, 12 Mei 2022 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut ini debutan tim bulu tangkis putri Indonesia di Piala Uber 2022 yang mampu mencuri perhatian para Badminton Lovers di seluruh dunia.

Perjalanan tim Indonesia di Piala Uber 2022 harus terhenti di babak perempat final, usai dikandaskan oleh tim China dengan skor 0-3, Kamis (12/5).

Di babak tersebut, tiga jagoan Indonesia yakni Komang Ayu Cahya Dwi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Putri, dan Bilqis Prasista tumbang secara berturut-turut.

Komang Ayu takluk dari peringkat ke-3 dunia, Chen Yu Fei dengan skor 12-21,11-21 dalam tempo selama 42 menit permainan.

Sedangkan pasangan Febriana/Amalia tumbang di tangan Chen Qing Chen/Ji Yi Fan dengan skor 19-21, 16-21 dalam duel yang berlangsung selama 48 menit.

Sedangkan Bilqis Prasista berhadapan dengan peringkat ke-9 dunia, He Bing Jiao dan takluk dengan skor 18-21, 7-21. Kekalahan anak pasangan legenda bulu tangkis itu membuat Indonesia pun harus angkat koper lebih cepat dari Piala Uber 2022.

Kendati harus tersingkir lebih cepat, tim Piala Uber 2022 mendapat apresiasi. Bagaimana tidak? Tim Merah Putih di ajang ini didominasi para debutan.

Tercatat hanya Nita Violina Marwah dan Jesita Putri Miantoro saja yang pernah masuk skuat Indonesia untuk Piala Uber 2022 lalu.

Sisanya lebih banyak diisi oleh para debutan yang masih berusia muda dan belum kenyang pengalaman di level tertinggi. Dari para debutan yang ada di tim Indonesia untuk Piala Uber 2022, terdapat beberapa pebulu tangkis yang mencuri perhatian.

Siapa sajakah para pebulu tangkis tersebut? Berikut daftarnya.

1. Bilqis Prasista

Pebulu tangkis tunggal putri Bilqis Prasista di babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022. (Antara/M. Risyal Hidayat)

Bilqis Prasista menjadi salah satu yang paling mencuri perhatian. Ia menjadi perbincangan karena mampu mengalahkan pebulu tangkis peringkat 1 dunia, Akane Yamaguchi.

Penampilan Bilqis itu membuat BWF bahkan takjub. Apalagi jika mengingat bahwa remaja berusia 18 tahun itu berada di peringkat ke-333 dunia.

2. Komang Ayu Cahya Dewi

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Komang Ayu Cahya Dewi mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putri Prancis Qi Xuefei dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (8/5/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww)

Tunggal putri dari tim Indonesia untuk Piala Uber 2022 yang mencuri perhatian adalah Komang Ayu Cahya Dwi. Penampilan memukaunya yang menyumbang poin untuk tim Merah Putih membuat namanya melejit.

Tercatat sepanjang Piala Uber 2022 ini, Komang Ayu sebanyak dua kali menyumbangkan poin bagi Indonesia, masing-masing saat melawan Prancis dan Jerman.

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Putri

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi mencetak kemenangan atas pasangan asal Kazakhstan Arina Sazonova/Aisha Zhumabek 21-3, 21-5 di penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) 2022 Selangor, Malaysia, Rabu (16/2/2022). ANTARA/HO/dokumentasi PP PBSI

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Putri juga mampu mencuri perhatian sepanjang Piala Uber 2022 ini.

Febriana/Amalia mampu menyumbang dua kali poin bagi Indonesia, di mana salah satunya didapatkan dengan skor besar atas pasangan Jerman 21-11, 21-2.

4. Siti Sarah Azzahra

Atlet tunggal putri Indonesia, Siti Sarah Azzahra. (PBSI)

Dari tunggal putri ada Siti Sarah Azzahra yang berhasil menjadi perbincangan usai memberi perlawanan sengit ke Jepang saat bersua Riko Gunji.

Siti Sarah yang ada di ranking 661 dunia itu, mampu memberikan perlawanan sengit ke Riko Gunji hingga harus menentukan kemenangan via Deuce di set kedua pada laga terakhir babak grup.

5. Aisyah Sativa Fatetani

Tunggal putri Aisyah Sativa Fatetani menyumbang satu kemenangan lewat kemenangan atas Leonice Huet di partai ketiga penyisihan Grup A Piala Uber 2022 di Bangkok, Minggu. (Antaranews/Roy Rosa Bachtiar)

Aisyah Sativa Fatetani sudah mencuri perhatian sejak perhelatan Piala Uber 2022, kala meraih kemenangan asal wakil Prancis, LeOnice Huet dengan skor 12-21, 21-13, dan 21-15.

Namanya kembali diperbincangkan kala turun dalam Line Up Indonesia kontra Jerman, di mana Aisyah Sativa kembali menyumbang poin lewat kemenangan 21-7, 14-21, dan 21-14 atas Ann-Kathrin Spoeri.

6. Lanny Tria Mayasari

Pasangan ganda putri Indonesia, Jesita Putri Miantoro/Lanny Tria Mayasari. [Dok. PBSI]

Dari sektor ganda putri, ada nama Lanny Tria Mayasari yang mencuri perhatian usai menjadi partner bagi Nita Violina Marwah.

Duetnya dengan Nita Violina itu berbuah manis, karena Lanny mampu memberi poin sebanyak dua kali saat Indonesia menghadapi Prancis dan Jerman di babak grup Piala Uber 2022.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

BACA SELANJUTNYA

Daftar Wakil Indonesia di Vietnam Open 2022, Ada Pasangan Baru Ribka/Lanny