Irwan Febri Rialdi
Logo SEA Games 2021. (Antara)

Bolatimes.com - Perbandingan bonus untuk peraih medali emas SEA Games 2021 atlet Vietnam dan Indonesia jauh banget. Bisa dibilang, bagai bumi dan langit.

Bonus berupa uang menjadi motivasi tersendiri untuk setiap atlet yang berlaga di pentas internasional seperti SEA Games. Pada ajang SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, atlet tuan rumah penyumbang medali juga mendapat iming-iming bonus dari pemerintah.

Mengutip dari laporan media lokal, Baogiathong, Selasa (10/5/2022), atlet peraih medali emas SEA Games 2021 maksimal akan mendapat uang sebesar 75 juta Dong Vietnam dan minimal 55 juta Dong.

Baca Juga:
Park Hang-seo 'Mata-matai' Laga Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste, Duduk di Belakang Sekjen PSSI

Jika dikonversi ke nilai rupiah, maka atlet Vietnam peraih medali emas SEA Games 2021 hanya akan mengantongi uang sebesar Rp 47.250.000 (1 Dong setara dengan Rp 0,63) untuk nilai maksimal bonus yang ia peroleh.

Uang 55-75 juta Dong itu terdiri dari sejumlah bonus berbagai pihak. Misalnya untuk anggota Persatuan Pemuda Vietnam yang ikut di SEA Games ke-31 akan meraih 10 juta Dong untuk emas, 5 juta Dong untuk Perak dan 3 juta Dong untuk Perunggu.

Selain itu jika merujuk pada peraturan hukum di Vietnam, tepatnya di peraturan pemerintah nomor 152, disebutkan bahwa pemerintah akan memberikan 45 juta Dong untuk atlet peraih medali emas SEA Games, 25 juta untuk medali perak dan 20 juta untuk perunggu.

Baca Juga:
Sudah Pasti Lolos, Indonesia Incar Posisi Juara Penyisihan Grup Piala Thomas 2022

Tambahan akan diberikan jika ada atlet yang mampu memecahkan rekor di SEA Games, mereka akan mendapat tambahan uang sebesar 20 juta Dong.

Lantas bagaimana dengan atlet dari Indonesia?

Sampai saat ini baru Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang menjanjikan akan menyiapkan bonus Rp7 miliar untuk peraih medali emas SEA Games 2021.

Baca Juga:
Ditinggal Erling Haaland, Dortmund Langsung Boyong Karim Adeyemi

Dalam keterangan tertulis, bonus tersebut termasuk untuk para pelatih yang mampu membawa atlet menjadi yang terbaik pada enam nomor yang diikuti meliputi PUBG Mobile tim, PUBG Mobile solo, Mobile Legends: Bang-Bang, FIFA Online 4, Crossfire, dan Free Fire.

Selain bonus, Bambang juga menyebut Ketua Umum PBESI memberikan uang saku tambahan senilai Rp850 juta untuk 38 atlet yang akan berlaga pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

(Suara.com/Galih Prasetyo)

Baca Juga:
Resmi! Manchester City Umumkan Perekrutan Erling Haaland

Load More