Husna Rahmayunita
Presiden Joko Widodo (keempat kiri depan) berjalan bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari (keempat kanan depan), Menpora Zainudin Amali (ketiga kiri depan), Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry Kono (ketiga kanan depan) usai berfoto bersama para atlet saat pelepasan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5/2022). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa]

Bolatimes.com - Kontigen Indonesia ditarget meraih hasil maksimal di SEA Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam. Minimal, Indonesia ditarget masuk posisi tiga besar.

Chief de Mission (CdM) atau Ketua Tim Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam, Ferry Kono mengungkapkan Merah Putih membidik posisi empat besar pada multi cabang olahraga terakbar di Asia Tenggara itu.

“Karena SEA Games ini merupakan sasaran antara menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024 sehingga pada kali ini kita akan coba bertahan pada posisi empat besar,” kata Ferry dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Kendati Begitu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam upacara pelepasan Tim Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5/2022) itu mengharapkan capaian yang lebih tinggi.

Jokowi meminta seluruh kontingen Indonesia meraih medali sebanyak-banyaknya pada SEA Games 2021. Harapan itu merujuk pada prestasi Indonesia dalam beberapa edisi terakhir.

Pada SEA Games 2015, Indonesia tercatat finis di peringkat kelima klasemen perolehan medali, sementara dua tahun berselang di Malaysia, Merah Putih menempati posisi yang sama.

Prestasi Indonesia kemudian meningkat pada SEA Games 2019 Filipina. Tim Merah Putih berhasil masuk empat besar klasemen perolehan medali.

"Kali ini kita ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ketiga, kedua atau yang kesatu,” ujar Presiden Jokowi.

Tim Indonesia akan memberangkatkan 776 orang ke SEA Games Vietnam yang terdiri atas 499 atlet, 214 ofisial, dan 63 pendamping. Seluruh kontingen akan berlaga dalam 318 nomor pertandingan dan 32 cabang olahraga.

“Tim ini sudah berangkat mulai dari 3 Mei lalu dan akan terus bertahap, sebagian sudah ada di Hanoi (Vietnam) dan sebagian akan mulai kita berangkatkan setelah pelepasan,” ujar Ferry Kono.

Ferry mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar tim nasional dapat meraih prestasi terbaik.

“Mengingat kita bertanding di negara lain, tentu akan banyak tekanan dari tuan rumah, kita harapkan doa dan support akan memompa semangat atlet-atlet kita,” kata Ferry Kono, demikian Antara.

Load More