Jum'at, 02 Desember 2022
Rauhanda Riyantama : Minggu, 01 Mei 2022 | 09:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut jadwal final Badminton Asia Championships (BAC) atau Kejuaraan Asia 2022 hari ini, Minggu (1/5/2022). Dua wakil Indonesia, Jonatan Christie dan pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan akan tampil.

Indonesia berhasil mengirim dua wakil ke final BAC 2022 lewat sektor tunggal putra, yakni Jonatan Christie. Kemudian ganda putra lewat pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Di partai final, Jonatan Christie akan menghadapi lawan tangguh yang merupakan jawara All England 2021 dari Malaysia, Lee Zii Jia. Ini akan jadi pertemuan keenam bagi keduanya.

Merujuk head to head, Jonatan Christie untuk sementara unggul dari Lee Zii Jia. Dalam lima pertemuan sebelumnya, Jojo berhasil meraih empat kemenangan dan hanya sekali kalah.

Namun, satu kekalahan itu didapatkan Jonatan Christie pada perjumpaan terakhir dengan Lee Zii Jia, tepatnya pada babak pertama All England 2020. Saat itu, Jonatan kalah dua gim langsung 15-21, 13-21.

Secara peringkat dunia, Jonatan juga sudah terkejar oleh Lee Zii Jia. Tunggal putra jebolan klub PB Tangkas itu menduduki peringkat delapan atau satu strip di bawah jagoan Malaysia tersebut.

Di laga lain, Pram/Yere sudah ditunggu pasangan ganda putra unggulan kelima asal Malaysia, Aaron China/Soh Wooi Yik. Ini akan jadi pertemuan perdana kedua pasangan.

Pram/Yere jelas harus waspada terhadap Aaron/Chia yang bisa dibilang merupakan pasangan ganda putra terbaik Malaysia saat ini. Pasangan peringkat sembilan dunia itu memiliki rekam jejak cukup bagus saat menghadapi wakil Merah Putih dalam beberapa turnamen terakhir.

Aaron/Soh diketahui sempat dua kali beruntun mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang merpakan pasangan ganda putra peringkat satu dunia milik Indonesia.

Wakil Malaysia membungkam The Minions di perempat final Olimpiade Tokyo 2022 untuk kemudian kembali mempecundangi Kevin/Marcus di perempat final Piala Sudirman 2021.

Berikut jadwal final Badminton Asia Championships (BAC) 2022, Minggu (1/5/2022).

Main ke-1: Akane Yamaguchi (Jepang/1) vs Wang Zhi Yi (China)

Main ke-2: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China/3)

Main ke-3: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China/1) vs Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (Jepang)

Main ke-4: Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/5) vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia)

Main ke-5: Jonatan Christie (Indonesia/4) vs Lee Zii Jia (Malaysia/3)

*Pertandingan final akan berlangsung mulai pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 12.00 WIB
*Nomor di belakang nama negara merupakan status unggulan pemain di ajang BAC 2022

BACA SELANJUTNYA

6 Wakil Indonesia yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2022, Teranyar Gregoria Mariska Tunjung