Husna Rahmayunita
Jorge Lorenzo saat masih aktif balapan bersama Yamaha. [AFP/Javier Soriano]

Bolatimes.com - Jorge Lorenzo bakal dinobatkan sebagai legenda MotoGP di Sirkuit Jeres-Angel Nieto, jelang ajang MotoGP Spanyol, Sabtu (29/4/2022). Juara dunia lima kali itu akan menyusul deretan legenda MotoGP sebelumnya termasuk Valentino Rossi. 

Pebalap Spanyol yang memiliki 47 kemenangan Grand Prix kelas premier itu akhirnya akan menyematkan namanya di Hall of Fame MotoGP setelah penantian tiga tahun.

Ia sebelumnya dijadwalkan dianugerahi gelar itu setelah memutuskan pensiun pada 2019 namun harus tertunda karena pandemi.

Baca Juga:
SEA Games Hanoi Bisa Ditonton Langsung secara Gratis

Jorge Lorenzo adalah salah satu pebalap tersukses sepanjang masa, meraih kemenangan pertamanya pada 2003 dan ke-68 pada 2018.

Menjadi juara dunia kelas 250cc pada 2006 dan 2007, Lorenzo menjadi yang teratas di kelas premier pada 2010, 2012 dan 2015. Ketiga gelar di kasta tertinggi itu diraih bersama Yamaha sebelum pindah ke Ducati.

Bersama pabrikan asal Italia itu, Lorenzo mempersembahkan tiga kemenangan Grand Prix sebelum pindah ke Honda dan memutuskan pensiun pada akhir 2019, demikian laman resmi MotoGP.

Baca Juga:
Inter Milan Tak akan Pecat Simone Inzaghi meski Gagal Pertahankan Scudetto

Jorge Lorenzo akan bergabung dengan nama-nama legenda lainnya termasuk Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey dan Phil Read.

Lalu ada Jim Redman, Kenny Roberts, Kenny Roberts Jr, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex CrivillĂ©, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington, Dani Pedrosa, Stefan Dörflinger, Jorge Martinez, mendiang Nicky Hayden, dan Valentino Rossi, demikian dimuat Antara. 

Baca Juga:
5 Potret Yolla Yuliana, Bintang Timnas Voli Putri Indonesia yang Curi Perhatian

Load More