Rauhanda Riyantama
Legenda bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele. [AFP/Brian Stewart]

Bolatimes.com - Flandy Limpele akhirnya resmi bergabung ke pelatnas PBSI. Mantan pelatih ganda putra Malaysia tersebut ditunjuk untuk membantu tim ganda campuran Indonesia.

Kepastian pulangnya Flandy Limpele membuat PBSI gembira karena track record-nya sebagai pelatih cukup baik. Flandy Limpele yang sempat menangani sektor ganda putra tim India, mampu mendongrak performa ganda putra Malaysia.

Aaron Chia / Soh Wooi Yik disulap Flandy Limpele menjadi pasangan ganda putra yang tangguh. Bahkan, keduanya merupakan aktor antagonis dari kegagalan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di Olimpiade Tokyo.

Baca Juga:
Timnas Vietnam Ingin Keluar dari Asia Tenggara, Merasa Tak Selevel?

Aaron/Soh yang berhasil meraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 merupakan pasangan ganda putra yang menjegal langkah Kevin/Marcus di semifinal multievent terakbar di dunia itu.

"Flandy dipilih karena sebagai pelatih dia sangat berpengalaman, track record-nya cukup baik dan sangat disiplin serta punya komitmen," kata Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky dalam rilis.

"Dia juga di Olimpiade Tokyo 2020 kemarin berhasil membawa ganda putra Malaysia (Aaron Chia/Soh Wooi Yik) meraih medali perunggu."

Baca Juga:
Prediksi Portugal vs Makedonia Utara: Laga Hidup Mati Selecao Menuju Piala Dunia

Rionny juga menyinggung terkait karier cemerlang Flandy Limpele ketika masih aktif bermain. Dia merupakan ganda putra peraih perunggu Olimpiade Athena 2004.

Kala itu, Flandy berpasangan dengan Eng Hian, pelatih sektor ganda putri PBSI saat ini, yang berhasil mengantar Greysia Polii / Apriyani Rahayu merebut emas Olimpiade Tokyo 2020.

"Sebagai pemain, dia juga sangat berprestasi di dua nomor. Ganda putra dan ganda campuran. Di ganda putra bersama Eng Hian merebut perunggu Olimpiade Athena 2004," ujar Rionny.

Baca Juga:
Jangan Ganti Dulu, 3 Alasan Arema FC Harus Pertahankan Eduardo Almeida

"Sementara di ganda campuran bersama Vita Marissa menduduki peringkat keempat atau semifinalis di Olimpiade Beijing 2008. Pelajaran dan pengalaman itu yang kami harapkan bisa dibagi kepada atlet-atlet kita," tutur Rionny.

Rionny berharap, Flandy juga bisa membantu Nova meloloskan dua wakil pasangan ganda campuran ke Olimpiade Paris 2024.

"Saya juga berharap, Flandy bisa membantu Nova meloloskan dua wakil ganda campuran ke Olimpiade Paris 2024," ungkap Rionny.

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Shin Tae-yong yang Kritik Sepatu Pemain Timnas Indonesia U-19 Kebesaran

Selain Flandy, PBSI juga mengikat kontrak dengan Namrih Suroto sebagai asisten pelatih ganda putri pratama.

Load More