Husna Rahmayunita
Pebalap tim Honda Team Asia Mario Suryo Aji menjalani Grand Prix Moto3 di Sirkuit Losail, Qatar, (6/3/2022) (HO via Honda Racing).

Bolatimes.com - Mario Aji mencuri perhatian publik usai tampil cukup impresif pada seri kedua Moto3 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok.

Dia membikin sejarah dengan masuk tiga besar di sesi kualifikasi Moto3. Mario Aji mencatatkan waktu 1 menit 41,585 detik.

Catatan ini cuma terpaut 0,335 detik dari pebalap terdepan di kualifikasi yaitu Carlos Tatay. Ini menjadi kebangaan tersendiri buat Mario Aji karena sebelumnya dia cuma finis di posisi ke-19 seri pertama di Qatar.

Baca Juga:
Sedang Berlangsung, Link Live Streaming Persita Tangerang vs PSIS Semarang

Meski hasil yang dia dapatkan di sesi balapan utama tak se-impresif hasil di kualifikasi, Mario Aji tetap bikin bangga dunia balap Tanah Air.

Mario Aji tercatat sebagai pebalap Indonesia dengan capaian finis tertinggi di ajang Grand Prix usai finis di posisi ke-14 pada Minggu (20/4).

Rekor terbaik sebelumnya dipegang oleh Doni Tata Pradita dan Andi Gilang yang mampu finis di posisi ke-15 pada ajang Grand Prix. Lantas, untuk lebih mengenal sosok bersejarah ini, berikut profil Mario Aji!

Baca Juga:
Miguel Oliveira Juara MotoGP Mandalika 2022, Fabio Quartararo Runner-up

Pembalap Honda Team Asia, Mario Suryo Aji memacu kecepatan sepeda motornya saat latihan bebas 3 (FP3) Moto3 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp)

Profil Mario Aji

Sosok dengan nama lengkap Mario Suryo Aji ini lahir di Magetan, Jawa Timur, pada 16 Maret 2004. Dia sudah akrab dengan dunia balap sejak kecil.

Ketika usianya 10 tahun, Mario sudah mengikuti ajang balap Motocross nasional. Balapan profesional yang pertama diikuti oleh Mario adalah Astra Honda Racing School.

Baca Juga:
Momen Pembalap MotoGP Tirukan Aksi Pawang Hujan di Mandalika, Netizen: Baik-baik Pulangnya

Pada 2016 dia bergabung dengan Astra Honda Racing School. Dia juga belajar di sebuah sekolah balapan di Yogyakarta.

Kemudian pada tahun 2018, dia berkesempatan mengikuti ajang Asia Talent Cup dan Asia Road Race Championship. Mario merengkuh kemenangan pertamanya di seri Malaysia pada ajang Asia Talent Cup 2018.

Lantas pada 2019, Mario Aji memulai debutnya di balapan FIM CEV International Championship. Lalu pada 2021, Mario Aji menjadi satu-satunya pebalap Indonesia yang berkompetisi di Red Bull Rookies Cup.

Baca Juga:
Sirkuit Mandalika Diguyur Hujan, Akun MotoGP Soroti Aksi Pawang Hujan Mbak Rara

Impian Mario Aji untuk bisa mentas di balapan kelas utama terus dia pupuk perlahan. Dia sudah merasakan balapan Moto3 pada 2021 dengan mengikuti satu seri di Italia.

Peluangnya untuk terus unjuk gigi di ajang Moto3 semakin terbuka lebar di musim 2022. Setelah finis di posisi ke-19, dia mampu finis ke-14 pada seri kedua di Sirkuit Mandalika.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Load More