Rauhanda Riyantama
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi menemui penggemarnya pasca MotoGP Emilia Romagna 2021 di Sirkuit Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Bolatimes.com - Di balik hingar bingar jelang gelaran MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret, Indonesia ternyata pernah jadi tuan rumah sebanyak dua kali, yakni 1996 dan 1997. Menarik untuk dibahas kilas balik Indonesia jadi tuan rumah MotoGP terakhir.

Terakhir kali Indonesia jadi tuan rumah ajang MotoGP pada tahun 1997. Pada masa itu, nama resmi ajang tersebut masih menggunakan nama Marlboro Indonesia Grand Prix yang berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor.

Dalam ajang balap yang digelar 28 September 1997 tersebut, terdapat 13 balapan yang dilangsungkan, yakni 500cc, 250cc, serta 150cc. 

Baca Juga:
Positif Covid-19 usai Tersingkir dari German Open 2022, Jonatan Christie Sampaikan Pesan Menyentuh

Pada kelas 500cc, pembalap Jepang dari Repsol YPF Honda bernama Tadayuki Okada  berhasil menghiasi podium dengan waktu tercatat 43:22.010 detik, kemudian disusul oleh Mick Doohan dengan catatan waktu 0.069 detik.

Pada kelas 250cc, Max Biaggi asal Italia yang juga pembalap dari Honda, mendapat podium pertama dengan catatan waktu 41:35.549 detik. Kemudian pada podium kedua dan ketiga yakni Tohru Ukawa ketiga dan Olivier Jacque.

Sedangkan pada kelas 125cc, podium utama dimilik oleh pembalap Valentino Rossi. Pembalap dijuluki The Doctor ini sukes meraih podium utama dengan waktu tercatag 41:14.511 detik. Untuk peringkat kedua dan ketiga berhasil diraih oleh Kazuto Sakata dan Jorge Martinez.

Baca Juga:
Chelsea Ditinggal Sponsor usai Roman Abramovich Disanksi, Logo Angka '3' Segera Hilang

 

Valentino Rossi dan Max Biaggi (AFP)

Balapan di Sentul ini jadi tantangan tersendiri untuk para pembalap MotoGP. Pasalnya, pada masa itu cuaca cenderung panas. Sirkuit dengan 11 tikungan ini juga dikenal tak mudah untuk ditaklukkan karena lintasannya yang cenderung panas.

Pada kelas  250cc dan 125cc pembalap Biaggi dan Rossi dijagokan oleh para penonton. Namun, pada kelas utama tak banyak yang menjagokan Okada, penonton banyak yang menjagokan Max Doohan. Namun, Okada justru sukses meraih podium utama. 

Baca Juga:
Sudah Seminggu, Begini Kabar Terbaru Naturalisasi Emil Audero Mulyadi

Didukung Honda NSR500, Okada sukses menyingkirkan Doohan yang banyan dijagokan di musim 1997. Podium di kelas utama ini adalah kemenangan pertama bagi Okada, yang mana sebelumnya Okada hanya meraih posisi runner up (kedua) atau ketiga.

Meski balapan di Sirkuit Sentul Doohan gagal meraih posisi pertama, namun dia tetap sukses jadi kampiun GP 1997. Diketahui, Pembalap dari Australia ini berhasil mengumpulkan 340 poin, yang mana unggul di atas Okada yang ada pads peringkat kedua dengan catatan 197 poin 

Selepas 25 tahun sejak GP 1997, kini negara Indonesia kembali terpilih jadi tuan rumah MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika Lombok pada 18-20 Maret 2022.

Baca Juga:
Kocak, Begini Potret Jordi Amat dan Sandy Walsh andai Pakai Jersey Timnas Indonesia

Demikian informasi mengenai kilas balik MotoGP Indonesia 1997. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk ikut hype ajang MotoGp yang diakan digelar beberapa hari lagi.

(Kontributor: Ulil Azmi)

Load More