Rauhanda Riyantama
Yohan Goutt Goncalves, atlet Timor Leste yang ikut Olimpiade Musim Dingin 2022. (Instagram/yohangoutt)

Bolatimes.com - Olimpiade Musim Dingin biasanya dihadiri oleh negara-negara yang memiliki cuaca bersalju. Tapi di tahun 2022 ini, ajang ini diikuti oleh salah satu negara yang berada di negara tropis, yakni Timor Leste yang diwakili oleh Yohan Goutt Goncalves.

Yohan Goutt Goncalves merupakan atlet ski yang akan berpartisipasi di ajang Olimpiade Musim Dingin 2022. Uniknya, ia membawa bendera Timor Leste yang tak lain sebuah negara di kawasan Asia Tenggara yang beriklim tropis.

Yohan Goutt, sapaannya, lahir di Prancis pada 20 Desember 1994. Ia lahir dari orang tua multiras yakni ayah yang berasal dari Prancis dan ibu asli Timor Leste.

Baca Juga:
Video Mengerikan Tribune Ambruk di Laga Zamora vs Deportivo La Coruna

Karena lahir dari orang tua multiras, Yohan Goutt sejatinya bisa memilih Prancis. Namun ia mantap memilih membawa nama Timor Leste di event olahraga internasional, salah satunya adalah di Olimpiade Musim Dingin 2022.

Itu mengapa dirinya bisa mewakili Timor Leste di Olimpiade Musim Dingin kendati negara yang dulunya bagian Indonesia ini tak memiliki cuaca bersalju sama sekali.

Sebagai informasi, Olimpiade Musim Dingin 2022 merupakan ajang ketiganya. Sebelumnya, atlet berusia 27 tahun ini pernah tampil di Olimpiade Musim Dingin 2014 dan 2018.

Baca Juga:
Bursa Transfer: Morata Alot, Barcelona Ganti Bidik Aubameyang

Yohan Goutt Goncalves, atlet Timor Leste yang ikut Olimpiade Musim Dingin 2022. (Instagram/yohangoutt)

Sejak kesertaannya pertama kali di Olimpiade Musim Dingin, Yohan Goutt telah membawa bendera Timor Leste. Sebagai catatan, ia telah mewakili negara sang ibu sejak 2013.

Yohan Goutt pernah tampil di Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia. Selain itu, ia juga mewakili Timor Leste di Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Di Olimpiade Musim Dingin 2022 yang akan berlangsung di Beijing, China, Yohan Goutt sendiri akan tampil di nomor slalom dan slalom raksasa untuk pertama kalinya.

Baca Juga:
Tak Tergantikan di Twente, Mees Hilgers Masuk Team of the Month Eredivisie

Kendati juga memiliki kewarganegaraan Prancis dari sang ayah, lantas mengapa Yohan Goutt Goncalves memilih membawa bendera Timor Leste di ajang sekelas Olimpiade Musim Dingin 2022?

Alasan Yohan Goutt Goncalves Memilih Timor Leste

Keinginan Yohan Goutt Goncalves membela Timor Leste di ajang internasional melalui ski sejatinya telah diutarakannya sejak dirinya berusia 8 tahun. Hal itu disampaikannya kepada sang ibu.

Baca Juga:
Dortmund Minta 3 Pemain Real Madrid jika Mau Beli Erling Haaland

“Itulah yang saya inginkan. Saya ingin bermain ski untuk Timor (Leste) di ajang Olimpiade,” ujarnya dikutip dari laman resmi Olimpiade.

Yohan Goutt Goncalves, atlet Timor Leste yang ikut Olimpiade Musim Dingin 2022. (JEFF PACHOUD / AFP)

Keinginannya membela Timor Leste itu sendiri tak lepas dari pengaruh paman dari sang ibu, yang diketahui merupakan pahlawan nasional.

“Paman saya adalah pahlawan nasional sejati. Saya bertanya-tanya, dalam kemampuan saya, saya bisa melakukan sesuatu tanpa melupakan dari mana saya berasal. Saya pikir olahraga itu adalah kesempatan yang baik,” lanjutnya.

Tekadnya membela Timor Leste tak hanya sekadar kata-kata. Yohan Goutt membuktikannya saat memilih tak berpartisipasi di Kejuaraan Ski Dunia 2017 demi membela negara sang ibu di Asian Winter Games pada tahun yang sama.

Penampilannya di Asian Winter Games 2017 itu lantas membuat Yohan Goutt menjadi atlet Timor Leste pertama yang tampil di ajang tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More