Husna Rahmayunita
Pembalap FI, Lewis Hamilton terima gelar ksatria dari Kerajaan Inggris, Rabu (15/12/2021). (AFP/Andrew Matthews)

Bolatimes.com - Pembalap Formula 1 (F1) kini resmi menyandang nama 'Sir' seusai dianugerahi gelar bangsawan dari Kerajaan Inggris. Lewis Hamilton secara resmi menerima gelar ksatria atas jasanya di dunia balap Inggris.

Diketahui, hingga kekininan Lewis Hamilton telah meraih tujuh gelar juara FI. Musim lalu, Lewis Hamilton berhasil menyamai rekor tujuh gelar juara dunia milik Michael Schumacher.

Ia masuk dalam Queen's New Years Honours List tahun lalu. Gelar ksatria didapatkannya beberapa hari pasca gagal menjuarai F1 2021 lantaran keok dari Max Verstappen.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF, Siapa Unggul?

Mengutip Crash.net via Suara.com, Hamilton secara resmi dianugerahi gelar bangsawan oleh Pangeran Wales pada sebuah upacara di Kastil Windsor pada Rabu (15/12/2021) waktu setempat. Dia ditemani oleh ibunya Carmen Larbalestier.

Lewis Hamilton menerima gelar bangsawan yang membuat kata "Sir" tertera di depan namanya pasca kalah secara kontroversial dalam perebutan gelar juara dunia di F1 GP Abu Dhabi, Minggu (12/12/2021).

Hamilton tampil dominan dalam balapan di Sirkuit Yas Marina setelah menyalip rival utamanya, Max Verstappen di lap pertama.

Baca Juga:
Makin Mesra, Kaesang Rangkul Nadya Arifta saat Foto Bareng Raffi Ahmad

Pembalap Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton melaju saat balapan F1 Inggris di sirkuit Silverstone Inggris pada 18 Juli 2021. (Adrian DENNIS/AFP)

Namun menjelang akhir balapan, race director Michael Masi membuat keputusan kontroversial. Dia membiarkan Max Verstappen menyalip pebalap-pebalap lain saat safety car berada di atas lintasan.

Hal itu membuat Hamilton yang memakai ban berusia lebih "tua" dari Verstappen tak mampu mempertahankan keunggulan, hingga tersalip oleh pebalap Red Bull di lap terakhir.

Pembalap berusia 36 tahun tersebut menjadi pembalap F1 keempat yang menerima gelar ksatria. Dia menerima kehormatan itu sejak Sir Jackie Stewart pada 2001.

Baca Juga:
Indonesia Jadi Negara ASEAN ke-4 yang Bisa Tahan Imbang Vietnam Era Park

Sir Stirling Moss dan Sir Jack Brabham adalah dua pembalap F1 lain dalam sejarah yang telah dianugerahi gelar kebangsawanan, masing-masing pada tahun 2000 dan 1979.

Hamilton sebelumnya diangkat menjadi MBE (Anggota Kerajaan Inggris) oleh Ratu menyusul keberhasilan meraih gelar juara perdananya pada 2008.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Baca Juga:
5 Tim Terdepak dari Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Jaga Asa ke Semifinal

Load More