Irwan Febri Rialdi
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengalahkan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi di babak pertama Indonesia Open 2021 di Nusa Dua, Bali, Selasa (23/11/2021). ANTARA/Roy Rosa Bachtiar

Bolatimes.com - Tim bulu tangkis Indonesia resmi mundur dari BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia 2021 yang akan berlangsung di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengambil keputusan itu dengan dalih menjaga keselamatan pemain menyusul penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron di Eropa tak terkecuali Spanyol.

"Keputusan menarik diri tim bulutangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna," tutur Ketua Harian PBSI, Alex Tirta dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:
Kalah dari PSIS, Widodo C Putro Murka dengan Keputusan Kontroversial Wasit

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky. Varian omicron menjadi pertimbangan dari keputusan sulit itu.

"Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021," kata Rionny.

"Kami tidak mau mengambil resiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia," tambahnya.

Baca Juga:
PSIS Menang 3-2 atas Persita, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky. (ANTARA/HO-Humas PBSI)

Selain itu, juga ada imbauan dari pemerintah Republik Indonesia, di tengah pandemi yang belum mereda untuk mengurangi kegiatan berpergian ke luar negeri. Apalagi di sejumlah negara Eropa juga terjadi lonjakan pesat kasus Covid-19.

Sejatinya, Pelatnas PBS akan mengirimkan 13 wakilnya ke BWF World Championship 2021 pasca menggelar tiga turnamen bertajuk Indonesia Badminton Festival 2021 di Nusa Dua, Bali pada 16 November hingga 5 Desember lalu.

Nama-nama pemain dan pasangan yang harusnya berangkat ke Huelva adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra), dan Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan (tunggal putri).

Baca Juga:
Breaking News! Indonesia Resmi Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021

Lalu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muh. Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra).

Serta Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari ganda putri, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran).

Dengan keputusan ini, maka tim Indonesia akan langsung bersiap untuk menghadapi turnamen di tahun 2022.

Baca Juga:
Babak 8 Besar Liga 2, PT LIB Pastikan Klub Boleh Rekrut Pemain Baru

(Suara.com)

Load More