Husna Rahmayunita
Pebulu tangkis tunggal putra Denmark Viktor Axelsen. [AFP]

Bolatimes.com - Posisi raja bulu tangkis Kento Momota kekinian tergeser oleh Viktor Axelsen. Pebulu tangkis asal Denmark kembali merebut tahta sebagai tunggal putra nomor satu dunia.

Berdasarkan update ranking Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Viktor Axelsen menduduki peringkat teratas tunggal putra per 30 November 2021. 

Bukan tanpa sebab, ia naik peringkat satu strip berkat penampilan ciamik di beberapa turnamen sepanjang musim ini. Setidaknya Axelsen, telah mengantongi enam gelar pada kejuaraan tahun ini, termasuk raihan emas tunggal putra di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga:
30 Pemain Merapat untuk Piala AFF, Komposisi Skuad Timnas Indonesia Disorot

Ada pun lima trofi lainnya diperoleh Axelsen pada turnamen dunia BWF, seperti Yonex Thailand Open (Super 1000), Toyota Thailand Open (Super 1000), Swiss Open (Super 300), Denmark Open (Super 1000), dan Indonesia Open 2021 (Super 1000).

Pebulu tangkisberusia 27 tahun itu juga merebut gelar runner-up pada sejumlah turnamen bergengsi termasuk BWF World Tour Finals 2020, All England 2021, dan Kejuaraan Eropa 2021.

Kekinian, Axelsen telah mengumpulkan 113.979 poin, dibuntuti Momota di posisi kedua dengan 112.210 poin. Dengan selisih poin yang tidak terlalu jauh, posisi Axelsen masih bisa kembali tergeser oleh Momota.

Baca Juga:
PSIM Yogyakarta Keluarkan Imbauan usai Terjadi Ricuh Antarsuporter

Sebab, masih ada turnamen penutup musim BWF World Tour Finals 2021 yang bergulir di Bali mulai 1-5 Desember.

Sejak September 2018, tunggal putra ranking satu dunia ditempati oleh Momota. Kekinian, posisi itu kembali direbut oleh Axelsen.

Selain Axelsen, kenaikan peringkat juga dialami tunggal putra Indonesia Jonatan Christie yang naik satu strip ke posisi tujuh, di bawah pebulu tangkis Malaysia Lee Zii Jia, seperti dimuat Antara.

Baca Juga:
Dicampakkan Real Madrid, Isco Dibidik Arsenal

Load More