Husna Rahmayunita
Pembalap Yamaha SRT, Valentino Rossi di balapan pamungkas MotoGP Valencia 2021. (AFP/Jose Jordan)

Bolatimes.com - Pembalap kawakan Valentino Rossi resmi pensiunn dari MotoGP yang telah membesarkan namanya seusai melakoni balapan pamungkas di MotoGP Valencia 2021

Sayangnya, di balapan terakhir, Valentino Rossi gagal meraih gelar juara. Dia mesti merelakan podium untuk sang anak didik di Akademi VR46, Francesco Bagnaia.

The Doctor --sapaan Valentino Rossi-- merampungkan penampilan terakhirnya di posisi ke-10 di Grand Prix Valencia. Dia mengaku tak puas dengan hasil ini.

Baca Juga:
Ratu Rizky Nabila Putuskan Hapus Tato: Gak Sakit, Cuma Takut Ditanya Anak

Pembalap yang memiliki sembilan gelar juara dunia di tiga kategori dan menutup kariernya setelah 26 tahun berjibaku di sirkuit. MotoGP Valencia 2021 menjadi balapan ke-432 baginya sejak debut pada 1996.

"Saya termotivasi dan fokus seperti halnya bertarung untuk kejuaraan karena balapan terakhir adalah balapan terakhir, ini sangat penting," ujarnya seperti disadur dari AFP, Senin (15/11/2021).

"Ini tidak mudah karena banyak sekali tekanan tapi saya mampu masuk sepuluh besar jadi itu berarti saya mengakhiri karier saya yang panjang di antara pembalap top 10 di dunia," kelakar The Doctor.

Baca Juga:
Sosok Emily Atack, Disebut Kekasih Baru Jack Grealish

Pembalap Yamaha SRT, Valentino Rossi di balapan pamungkas MotoGP Valencia 2021. (AFP/Jose Jordan)

Pembalap berusia 42 tahun iyu menyesal karena gagal melengkapi kariernya dengan titel kesepuluh.

"Mungkin apabila saya lebih berusaha keras di tahun-tahun pertama dalam karier saya seperti halnya di 10 (tahun terakhir), saya bisa memenangi lebih banyak balapan," kata Rossi sambil tertawa.

"Tapi tidak jadi masalah sedikit bebal ketika Anda masih muda. Kita belajar dengan pengalaman," imbuhnya.

Baca Juga:
5 Momen Lucu Baby Vega Anak Viktor Axelsen, Termasuk saat Nonton Greysia

Ribuan bendera dengan inisial dan angka balap Rossi VR46 dikibarkan di sepanjang sirkuit Ricardo Tormo untuk memberi salam perpisahan kepada pembalap tersukses di MotoGP itu.

"Ini adalah akhir pekan yang sangat, sangat spesial. Saya tidak menyangka itu. Saya sedikit khawatir terhadap akhir pekan terakhir dari karier saya," kata Valentino Rossi.

"Kita membayangkan momen ini sejak lama tapi Anda tidak pernah tahu bagaimana kita akan merasakannya, apakah Anda akan mampu fokus di balapan, apakah Anda akan sedih. Tapi ini adalah akhir pekan yang luar biasa," ungkapnya.

Baca Juga:
4 Bintang Muda Timnas yang Berpeluang Tersingkir karena Pemain Naturalisasi

Sebanyak 75.000 penonton berdiri dan bertepuk tangan saat rekan-rekan pembalap memberikan trek sepenuhnya bagi Valentino Rossi untuk melakukan satu lap perpisahan.

"Ini sangat mengharukan. Saya mendapat dukungan yang luar biasa dan merasa respek yang sangat besar dari semua orang di paddock dan semua pebalap."

Musim depan, tim VR46 milik Rossi akan debut di MotoGP sebagai tim satelit Ducati tapi sang pebalap Italia sudah merasakan penyesalan meninggalkan olahraga yang begitu dicintainya.

"Saya sudah menyesal berhenti," kata Rossi berkelakar dengan senyuman lebar khasnya. 

"Saya rasa akan sulit dalam beberapa pekan dan bulan ke depan, khususnya pada Maret ketika musim mulai lagi dan saya tidak ada di sana," pungkasnya, seperti dikutip dari Antara.

Load More