Husna Rahmayunita
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, melaju ke semifinal Hong Kong Open 2018 usai menundukkan wakil Korea Selatan, Lee Yong Dae/Kim Gi Jung, Jumat (16/11/2018). [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Indonesia sukses menundukkan Denmark dengan skor akhir 3-1 di semifinal Piala Thomas 2020 atau Thomas Cup 2021 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10/2021).

Kemenangan ini memastikan langkah Indonesia ke final Piala Thomas 2020. Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi penentu kemenangan skuad Garuda.

Fajar/Rian yang kini berada di peringkat ketujuh dunia itu memetik kemenangan straight game 21-14, 21-14 atas Mathias Christiansen/Frederik Sogaard dalam waktu 38 menit.

Baca Juga:
Ngaku Pernah Lihat Tuhan, Eks Atletico Madrid Kini Dakwah via Lagu Religi

Pada gim pertama, kedua pasangan itu sempat bersaing ketat. Awalnya, Christiansen/Sogaard mencuri poin-poin pembuka. Fajar/Rian pun harus mengejar dan mampu menyamakan kedudukan 5-5.

Setelah itu, kedua pasangan saling serang dan berebut angka. Untungnya, perlawanan dari pasangan baru Denmark itu tak berarti banyak, sebab setelah imbang 8-8, Fajar/Rian mengambil alih permainan dan memimpin hingga merebut gim pertama dengan skor 21-14.

Di gim kedua, kekuatan Fajar/Rian semakin tak terbendung. Mereka sepertinya sudah bisa membaca pola main lawan dan menemukan celah untuk meraup banyak poin. Terbukti, mereka mampu memperlebar jarak hingga 11-2.

Baca Juga:
Piala Thomas: Anthony Ginting Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Denmark

Tak sulit bagi Fajar/Rian untuk merebut poin-poin berikutnya, karena pasangan anyar Denmark itu sering kali membuat kesalahan. Fajar/Rian pun mengakhiri laga tersebut dengan kemenangan 21-14.

Dengan hasil tersebut, maka kedudukan Indonesia unggul 3-1 atas Denmark dan dipastikan melaju ke babak final Piala Thomas.

Sebelumnya pada partai pembuka, pemain tunggal putra Anthony Ginting gagal menyumbang angka kemenangan pertama setelah ditaklukkan Viktor Axelsen dalam dua gim langsung dengan skor 9-21, 15-21.

Baca Juga:
Persita vs Persiraja Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Pada partai kedua, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mampu membawa kedudukan Skuad Garuda imbang 1-1 dengan Denmark setelah mereka memetik kemenangan rubber game 21-13, 10-21, 21-15 atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Selanjutnya di partai ketiga, tunggal putra Jonatan Christie juga menang tiga gim 25-23, 15-21, 21-16 atas Anders Antonsen.

Indonesia sebetulnya masih menyisakan satu wakil, yakni tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang akan bertarung melawan Hans-Kristian Solberg Vittinghus.

Baca Juga:
Persela Tahan Imbang Madura United 2-2, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Namun dengan kemenangan Indonesia 3-1 atas Denmark, maka partai terakhir itu tidak perlu lagi dimainkan.

Di babak final Piala Thomas, Indonesia akan berjumpa dengan China, yang mengalahkan Jepang 3-1. Laga final tersebut akan digelar pada Minggu (17/10) pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

(Antara)

Load More