Rauhanda Riyantama
Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya. (Instagram/@ataliapr).

Bolatimes.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil optimis daerahnya bisa menjadi juara umum PON Papua 2021. Keyakinan itu datang berdasarkan perolehan medali yang sudah dikumpulkan hingga saat ini.

Jika ini terjadi, Jawa Barat menjadi juara umum kedua setelah PON XIX di Bandung pada 2016. Kala itu Jabar mengoleksi 531 medali (217 emas, 157 perak, dan 157 perunggu.

Posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Timur dengan mengoleksi 404 medali (132 emas, 138 perak, dan 134 perunggu). Kemudian disusul DKI Jakarta dengan 374 medali (132 emas, 124 perak, dan 118 perunggu).

Baca Juga:
Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia Uji Coba Lawan Tajikistan

"Sampai hari ini masih leading, mohon doa dari media Jawa Barat agar didoakan juga untuk juara umum di PON dalam hari esok dan Jumat, tinggal dua hari lagi," kata Kang Emil Gedung Sate, Kota Bandung, dilansir dari Antara.

Ridwan Kamil mengatakan, menitipkan semangat dalam pertandingan dan lomba agar visi misi Jawa Barat yang Juara Lahir Batin bisa direalisasikan dengan kemenangan-kemenangan sehingga bisa memperlihatkan semangat bangkit di tengah pandemi COVID-19.

"Selama satu setengah tahun tuh masyarakat beritanya negatif, butuh penyemangat lah salah satunya adalah normalitas kita di olahraga," katanya.

Baca Juga:
Piala Thomas 2021: Anthony Ginting Bongkar Taktik Tumbangkan Chou Tien Chen

Terkait posisi juara umum, Ridwan Kamil menuturkam belum bisa berandai-andai namun jika melihat dan menghitung secara matematikanya, kemungkinan Jabar kembali juara umum sangat besar.

"Kami per tadi pagi kan sudah berbeda 12 emas ya dengan ranking dua, dan masih ada rombongan peraih emas lagi sekitar 20-an mengantri untuk tampil di final. Harusnya kalau tidak ada halangan kita bisa meraih lagi juara umum. Kalau terjadi ya ini bukti bahwa kita bukan jago kandang," katanya.

Melansir laman resmi PON XX Papua Rabu (13/10) pukul 12.20, Jawa Barat masih menguasai perolehan medali dengan raihan 112 emas, 88 perak, dan 99 perunggu, di atas Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Papua.

Baca Juga:
Eks Persib Mencuat Jadi Kandidat Pelatih Baru Persis, Siapa?

(Antara)

Load More