Irwan Febri Rialdi
Kimi Raikkonen saat masih memperkuat tim F1 Ferrari. [AFP/Andrej Isakovic]

Bolatimes.com - Alfa Romeo Racing pastikan bahwa Kimi Raikkonen bakal pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2021. Pembalap asal Finlandia tersebut sejauh ini telah mengikuti 344 balapan dan meraih satu gelar juara dunia sepanjang karirnya di F1.

Kimi Raikkonen melakukan debutnya pada 2001 dengan tim Sauber, membantu konstruktor Swiss itu menempati posisi keempat terbaik di kejuaraan, sebelum pindah ke McLaren dan Ferrari.

The Iceman --julukan Kimi Raikkonen-- berhasil menjadi juara dunia F1 pada 2007 saat berseragam Ferrari.

Baca Juga:
Ansu Fati Warisi Nomor Punggung Lionel Messi, Fans Barca Pertanyakan Ini

Setelah itu dia sempat absen dua tahun pada 2010 dan 2011, tetapi kembali ke balapan bersama tim Lotus pada 2012, untuk kemudian kembali ke Ferrari pada 2014.

Raikkonen menikmati periode keduanya bersama Ferrari selama empat musim, sebelum kembali ke Swiss pada 2019 untuk bergabung dengan Alfa Romeo Racing.

Alfa Romeo Racing berterima kasih kepada Raikkonen untuk musim balapan yang sudah dihabiskan bersama karena ia telah menunjukkan etos kerja, semangat balapan, dan tekad untuk sukses.

Baca Juga:
Gabung Petronas Yamaha SRT, Gaji Andrea Dovizioso Setara 64 Unit Pajero

Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen (AFP/Saeed KHAN)

Selain itu, Alfa Romeo Racing juga berterima kasih atas karakter Raikkonen yang unik, selalu apa adanya pada dirinya sendiri. Hal tersebut membuat Raikkonen disayangi oleh semua orang yang bekerja dengan dan untuknya.

"Tim mendoakan yang terbaik untuk Kimi untuk masa pensiun yang sangat layak, dengan pengetahuan bahwa dia dan keluarganya akan sangat menikmati kehadirannya di rumah setelah bendera final (balapan terakhir) di Abu Dhabi," tulis Alfa Romeo Racing di laman resminya.

Kepala Tim Alfa Romeo Racing Frederic Vasseur mengaku senang bekerja dengan Raikkonen karena kehadiran, karisma, dan sikap unik yang dimiliki oleh Raikkonen.

Baca Juga:
Chelsea Didakwa FA, Gara-gara Insiden Keributan saat Lawan Liverpool

Kepala Tim Alfa Romeo Racing Frederic Vasseur mengaku senang bekerja dengan Raikkonen karena kehadiran, karisma, dan sikap unik yang dimiliki oleh Raikkonen.

"Senang bekerja dengannya di tahun-tahun ini dan saya yakin saya berbicara atas nama semua orang di Alfa Romeo Racing ORLEN, dari lantai toko di Hinwil hingga garasi di sini di Zandvoort, ketika saya mengatakan seorang pengemudi seperti Kimi telah menulis beberapa halaman yang tidak terhapuskan dari tim kami dan sejarah olahraga kami," pungkas Vasseur.

Penulis: Jacinta Aura Maharani

Baca Juga:
Lionel Messi Ogah Tukar Jersey, Pemain Reims Curhat Pilu

Load More