Selasa, 14 Juli 2020
Rauhanda Riyantama : Senin, 23 Desember 2019 | 07:00 WIB

Bolatimes.com - Rabu, 17 Desember 2019 lalu menjadi hari yang penuh membahagiakan bagi seorang Manny Pacquiao. Tepat di hari itulah petinju kenamaan dunia tersebut berulang tahun ke-41.

Meski usianya sudah kepala empat, terbukti pria yang juga senator Filipina ini masih mampu mengalahkan lawan-lawan yang lebih muda.

Teranyar, Manny Pacquiao mengalahkan juara dunia kelas welter WBA (Super), Keith Thurman, yang usianya 10 tahun lebih muda darinya pada 20 Juli 2019 lalu.

Meski begitu ikon tinju dunia itu hanya menempati posisi kedua petinju terhebat sepanjang masa versi BoxRec—web yang mendedikasikan khusus untuk mencatat pertarungan tinju profesional.

Lantas siapakah yang menempati posisi pertama? Berikut 5 besar petinju terhebat sepanjang masa versi BoxRec:

5. Muhammad Ali

Petinju Amerika Serikat, Muhammad Ali (kanan), saat bertarung melawan petinju kelas berat Inggris, Brian London, di Earls Court Arena, London pada 6 Agustus 1966. [AFP]

 

Sejauh ini belum ada petinju yang mampu menyamai citra Muhammad Ali. Ia bukan hanya hebat di atas ring, namun ia juga dikenang sebagai pejuang budaya, sosial, dan politik.

Kemenangan atas Sonny Liston dan Joe Frazier di Manila pada tahun 1975 jadi yang pertarungan terkenal dari legenda tinju dunia Muhammad Ali.

4. Sugar Ray Robinson

Legenda tinju dunia, Sugar Ray Robinson (kanan), bersama penyanyi Prancis, Johnny Hallyday (tengah), dan pianis AS, Fats Domino. [AFP]

 

Robinson menjadi petinju pertama yang berhasil menjadi juara dunia lima kali. Dalam 174 pertarungannya, ia hanya kalah 19 kali.

Kekalahan dari Joey Arher pada 10 November 1965 jadi pertarungan terakhirnya. Ia meninggal di tahun 1989.

3. Carlos Monzon

Mendiang petinju asal Argentina, Carlos Monzon, tengah berlatih di Bois de Boulogne, Paris, Prancis, Sabtu (19/6/1976). [AFP]

 

Playboy asal Argentina yang meninggal pada 1995 ini pernah menjadi juara dunia sejati kelas menengah selama tujuh tahun, dan mencatatkan rekor 59 kemenangan KO selama kariernya.

Sayang, tinta emas itu tercoreng setelah Monzon dijatuhi hukuman 11 tahun penjara akibat membunuh istrinya Alicia Muniz di tahun 1988.

2. Manny Pacquiao

Ikon tinju dunia, Manny Pacquiao (tengah), menjadi juara dunia baru kelas welter WBA (Super) usai mengalahkan juara bertahan Keith Thurman di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Sabtu (20/7/2019). [AFP/John Gurzinski]

 

Petinju asal Filipina ini menjadi satu-satunya petinju yang menjadi juara dunia di delapan kelas berbeda dalam sejarah tinju.

Di antara pertarungan Pacquiao yang paling diingat banyak fans adalah kala mengalahkan Oscar De La Hoya pada Desember 2008, dan Ricky Hatton di bulan Mei 2009.

Namun dia kalah dari Mayweather pada duel bertajuk Fight of the Century di tahun 2015.

1. Floyd Mayweather

Mantan juara dunia tinju di lima kelas berbeda asal Amerika Serikat, Floyd Mayweather Jr. [AFP/John Gurzinski]

 

Selama karier profesionalnya, petinju berjuluk Money ini tercatat pernah menjadi juara dunia di lima kelas berbeda.

Mayweather tak hanya menjadi petinju dengan pertahanan terhebat yang pernah ada, namun juga paling akurat.

Tak hanya itu, berdasarkan majalah Forbes, Floyd Mayweather menjadi atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia dari tahun 2012 hingga 2015.

BACA SELANJUTNYA

5 Petinju Terbaik Versi Floyd Mayweather, Muhammad Ali di Urutan Terakhir