Minggu, 09 Agustus 2020
Rauhanda Riyantama : Senin, 09 Desember 2019 | 16:00 WIB

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo turut mengapresiasi tindakan yang dilakukan peselancar FilipinaRoger Casugay, yang lebih memilih menyelamatkan atlet Indonesia, Arip Hidayat, pada pertandingan SEA Games 2019.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Jokowi menyampaikan pentingnya sportivitas dalam olahraga. Tapi, menurutnya, kemanusianya masih di atas segalanya.

''Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Jokowi memuji tindakan heroik peselancar Roger Casugay melalui akun Instagram pribadinya, Senin (9/12/2019).

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," pungkas Jokowi.

Sontak unggahan dari Jokowi tersebut mendapat respons dari netizen. Banyak di antara mereka yang menaruk respek pada Casugay.

Akun @ultrasindependen berkomentar, 'undang mereka beruda ke istana pak'.

@afidasabil, 'harus tolong menolong memang sesama umat manusia'.

@alifminang, 'kasih sepeda pak'.

Tak ketinggalan, presenter kenamaan Indonesia, Rico Ceper melalui Instagramnya @ricocepero turut berkomentar. 'salut dan bangga'.

Jokowi puji peselancar Filipina, Roger Casugay yang menolong atlet Indonesia, Arip Hidayat yang tergulung ombak besar pada pertandingan cabang olahraga selancar nomor longboard putra SEA Games 2019 di Pantai Monaliza, La Union, Subic, Filipina. (Instagram/jokowi)

 

Sebagai informasi, insiden yang viral di media sosial ini terjadi pada perlombaan cabang olahraga selancar nomor longboard putra SEA Games 2019 di Pantai Monaliza, La Union, Subic, Filipina pada Jumat (6/12/2019).

Saat itu, Casugay rela melepas peluang memperoleh medali emas demi menyelamatkan Arip Nurhidayat yang tergulung ombak besar. Ia lantas menolong Arip dan berbagi papan selancar hingga ke tepi pantai.

Aksi heroik ini, diabadikan Jefferson Ganuelas, seorang peselancar lokal pada halaman Facebook pribadinya. Video ini kemudian diunggah kembali melalui halaman facebook resmi SEA Games Filipina 2019.

BACA SELANJUTNYA

Ibunda Presiden Jokowi Meninggal, Ini Doa dari Legenda Persija Jakarta