Irwan Febri Rialdi
Warung Indo yang berada di Filipina, tepatnya di Jalan LPL Manor Main Enterance, Metro Manila. [Antara/A Malik Ibrahim].

Bolatimes.com - Perhelatan SEA Games 2019 menjadi keberkahan tersendiri untuk Warung Indo di Filipina. Sejak event antar negara Asia Tenggara ini dihelat, tempat makanan tersebut banyak disambangi oleh kontingan dari Indonesia.

Banyak kontingan dari Indonesia yang datang untuk meredam rasa lapar ataupun melepas rasa rindu terhadap cita rasa masakan Tanah Air di tempat tersebut.

Pemilik Warung Indo, Ardi, mengakui sejak pelaksanaan SEA Games 2019 di Filipina omzet Warung Indo naik sekitar 30 persen dibanding hari biasa.

Baca Juga:
Messi: Rekorku Bisa Saja Disamai Pemain Lain

"Sejak berlangsungnya SEA Games 2019, memang banyak kontingen Indonesia yang datang ke sini untuk menikmati masakan Indonesia, dan mereka biasanya datang pada sore hari," tuturnya di Metro Manila, Kamis (5/12/2019).

Ardi yang sudah membuka usaha Warung Indo sejak delapan tahun lalu mengakui, restorannya selalu jadi tujuan banyak masyarakat Indonesia yang datang ke Filipina, terutama di Metro Manila.

Selain masyarakat Indonesia, kata dia, beberapa warga setempat juga ada yang sangat menyukai makanan Indonesia, karena dikenal pedas dan memiliki sedikit rasa manis.

Baca Juga:
Mangkir di Acara Ballon d'Or 2019, Ronaldo Malah Dapat Penghargaan Lain

Salah satu warga Indonesia asal Kabupaten Ngada, Flores, Andreas Koa yang ditemui di restoran mengakui, datang ke Warung Indo bertujuan untuk melepaskan rindu terhadap masakan Indonesia.

"Saya sering di sini, dan biasanya orang kedutaan juga selalu mengajak tamunya makan di sini, karena di sini dikenal enak dan memiliki rasa asli Indonesia," tuturnya dilansir dari Antara.

Salah satu atlet menembak Indonesia, Rio Danu Utama Thabu yang juga ditemui usai makan di Warung Indo mengaku cukup pas dengan rasa yang ada di Warung Indo.

Baca Juga:
Komentar Lionel Messi usai Sabet Trofi Ballon d'Or Keenam Kalinya

Dia mengatakan, selama di Filipina dirinya dan rekan atlet menembak Indonesia lainnya merasa sulit menemukan makanan yang cocok dengan lidah Indonesia, sehingga selalu mencari ke beberapa tempat di negara setempat.

Sementara itu, Warung Indo menyajikan beberapa menu khas Indonesia, seperti Gado-gado, Ayam Sambal, Pecel Lele, Gulai Ayam, Nasi Goreng Sate, Rendang, Kwetiau Seafood, serta Mie Ayam Jamur dan beberapa menu lainnya.

Baca Juga:
Tepis Ada Konflik, Maurizio Sarri Siap Turunkan Ronaldo Saat Lawan Atletico

Load More