Galih Priatmojo
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis tunggal putra Denmark Rasmus Gemke dalam babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Selasa (16/7/2019). Jonatan berhasil melaju ke babak selanjutnya setelah menang 21-17, 24-22. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Bolatimes.com - Selama kurang lebih setahun terakhir, tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie punya penampilan nan berbeda saat bertanding. Ia menggunakan legging.

Jika dilihat seksama, cara berpakaian Jojo ini mirip dengan yang biasa dikenakan Mohammad Ahsan. Lantas apa alasannya mengenakan legging?

Usut punya usut, alasan Jojo menggunakan legging karena dapat membuatnya lebih nyaman saat bertanding.

Baca Juga:
Ini Para Pemain PSS Sleman Putri yang Akan Mengarungi Liga 1 Putri 2019

"Karena keringat saya banyak sekali, kalau celana saya sudah basah itu sampai menetes di lapangan. Itu mengganggu pergerakan saya," ungkap Jojo saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019).

"Dari situ saya mulai pakai. Jadi saat pakai legging itu, keringat saya tak jatuh, tapi menyerap di legging," paparnya.

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo, ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Jojo menjelaskan mulai rutin menggunakan legging setelah kalah di babak kedua Fuzhou China Open 2018.

Baca Juga:
Mendarat di Dubai, Timnas Indonesia Langsung Digeber Latihan

Saat itu dirinya merasa sangat tak nyaman lantaran keringatnya banyak menetes di lapangan.

"Saat itu keringat saya sudah mengucur banyak sekali. Tapi wasit tidak bisa kasih terus-menerus untuk mengepel lapangan. Di setiap game paling hanya mengizinkan 1-2 kali saja," beber Jojo.

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie (kiri), berusaha mengembalikan kok ke pebulutangkis India, Sai Praneeth Bhamidipati, pada babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (23/8). [Antara/Hafidz Mubarak]

Selain berguna untuk menyerap keringat, penggunaan legging juga disebut Jojo baik untuk kondisi otot kaki. Hal itu ia ketahui dari pelatih fisik PBSI.

Baca Juga:
Manchester United Gagal Curi Poin, Ini Hasil Lengkap Liga Europa Tadi Malam

"Pakai legging ini jadi lebih enak. Bahkan kata pelatih fisik, saya baru tahu juga, itu bisa dipakai saat tidur agar otot tetap terjaga kekencangannya, agar tetap fit," ungkapnya.

"Tapi untuk tidur itu belum saya lakukan, karena saya juga baru tahu. Nanti akan saya praktikan," pungkas Jojo.

Baca Juga:
Kata Niko Kovac Soal Rumor Bayern Munich Bakal Permanenkan Coutinho

Load More