Galih Priatmojo
Aksi Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan saat menundukkan wakil Jerman, Mark Lamsfuss / Marvin Seidel dengan skor 21-12, 21-13 di babak perempat final All England 2019 pada Jumat, (8/3/2019). (Dok. PBSI)

Bolatimes.com - Skuat Tim Bulutangkis Indonesia yang dikirim PBSI ke SEA Games 2019 tanpa diperkuat juara dunia 2019, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Dari sektor ganda putra, PBSI hanya membawa dua pasangan saja. Antara lain Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, plus satu pemain junior Leo Rolly Carnando.

Menurut Sekjen PBSI Achmad Budiharto, absennya Hendra/Ahsan pada SEA Games 2019 bukan karena status mereka sebagai pemain non-pelatnas.

Baca Juga:
Pevita Pearce Foto Pose Angkat Bola, Netizen: Aset Negara Paling Berharga

Namun, PBSI ingin mematuhi aturan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang meminta setiap cabang olahraga untuk mengirimkan atlet ke SEA Games 2019 dengan komposisi 40 persen pemain senior dan 60 persen pemain muda.

"Saran Kemenpora kan harus mempersiapkan regenerasi. Komposisi 60:40 kita patuhi," jelas Budiharto saat dihubungi Suara.com, Rabu (25/9/2019).

"Dari kami sendiri inginnya tetap menurunkan pemain muda semua. Tapi (bulutangkis) Indonesia kan tetap ingin juara umum juga," katanya menambahkan.

Baca Juga:
Kenang Kejayaan Bepe dan Elie Aiboy, Selangor FA Unggah Foto Ini di Medsos

Sekjen PBSI Achmad Budiharto ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Senin (15/7/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Budiharto sendiri sangat yakin Tim Bulutangkis Indonesia bisa menjadi juara umum SEA Games 2019.

Hal itu mengingat skuat Garuda yang diisi para pemain elit meski secara usia terbilang muda.

Beberapa diantaranya adalah Jonatan Christie (tunggal putra), Fajar/Rian, dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri).

Baca Juga:
Tergiur Kontrak Besar dari Nike, Liverpool Campakkan New Balance

Daftar pemain dan ofisial Tim Bulutangkis Indonesia pada SEA Games 2019. [Dok. PBSI]

"Dari skuat yang ada menurut saya sangat memungkinkan jadi juara umun. Tunggal putra misalkan kalau sudah ada Jojo (sapaan akrab Jonatan—red) dan (Shesar Hiren) Vito masa tidak juara. Kalau ada Fajar/Rian masa tidak juara sih," pungkas Budiharto, yakin.

SEA Games 2019 akan berlangsung di Filipina pada 30 November hingga 11 Desember 2019.

Baca Juga:
Santuy! Para Bocah Ini Main Bola di Tengah Jalan Saat Ramai Demo Mahasiswa

Load More