Galih Priatmojo
Petinju Manny Pacquiao sudah tak sabar berduel dengan Keith Thurman. [TED ALJIBE / AFP]

Bolatimes.com - Nama Manny Pacquiao kembali bersinar di atas ring usai menundukkan Keith Thurman di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu (21/7/2019) siang WIB.

Meski sudah berumur, Pacquiao nyatanya sukses 'menjinakkan' petinju yang 10 tahun lebih muda darinya itu lewat kemenangan angka split decision.

Ikon tinju dunia, Manny Pacquiao (kanan), mendaratkan pukulan telak ke dagu lawannya, Keith Thurman, di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Sabtu (20/7/2019). [AFP/John Gurzinski]

Dua juri, Tim Cheatham dan Dave Moretti, memberikan angka kemenangan yang sama untuknya, yakni 115-112.

Baca Juga:
Pelatih PSS Sleman Akui Kalah Kelas dari Bali United

Sedangkan satu juri lainnya, Glenn Feldmann, memberikan nilai kemenangan tipis untuk Thurman; 113-114.

Kemenangan itu membuatnya mencetak sejarah baru sebagai petinju tertua yang menjadi juara dunia kelas welter WBA (Super).

Usai pertarungan, Manny Pacquiao pun mengungkapkan rencananya kembali naik ring. Ia menyatakan kemungkinan akan bertarung lagi pada Januari tahun depan.

Baca Juga:
Pamer Foto Nyaris Bugil, Irina Shayk Dilike Bek Milan Hingga Akun Ronaldo

Ikon tinju dunia, Manny Pacquiao (tengah), menjadi juara dunia baru kelas welter WBA (Super) usai mengalahkan juara bertahan Keith Thurman di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Sabtu (20/7/2019). [AFP/John Gurzinski]

Pernyataan ini secara tidak langsung membantah klaim petinju Inggris, Amir Khan.

Dua pekan lalu Khan menyatakan baik dirinya dan Pacquiao sudah menandatangani kontrak pertarungan pada 8 November mendatang di Riyadh, Arab Saudi.

Namun kabar ini 'ditolak' Pacquiao yang menyatakan baru akan naik ring lagi awal bulan 2020 mendatang.

Baca Juga:
Hajar PSS, Bali United Kini Berjarak Satu Poin dari Pemuncak Klasemen Liga

"Saya pikir pertarungan berikutnya kemungkinan tahun depan, karena saya sibuk tahun ini," tutur Manny Pacquiao, dikutip dari The Bolton News, Senin (22/7/2019).

"Setelah pertarungan ini saya akan kembali ke Filipina untuk kembali memulai bekerja di Senat," jelas pria berusia 40 tahun yang juga anggota senator ini.

Ikon tinju dunia yang juga senator Filipina, Manny Pacquiao. [AFP/Ted Aljibe]

Di samping itu, Pacquiao juga mengatakan berencana untuk menyaksikan langsung dari sisi ring pertarungan unifikasi gelar dunia kelas welter antara Errol Spence Jr. (juara IBF) dan Shawn Porter (juara WBC).

Baca Juga:
Sebulan Lagi Pemain Timnas Indonesia Ini Akan Merumput di Eropa

Duel ini akan digelar di Staples Center, Los Angeles, AS pada 28 September mendatang.

Hal itu sekaligus menyiratkan bila Manny Pacquiao lebih tertarik menanti pemenang antara Spence dan Porter sebagai lawannya berikutnya.

Petinju AS, Keith Thurman (kiri) dan Errol Spence Jr. [Instagram/errolspencejr]

Sementara itu, usai menang TKO ronde keempat atas Billy Dib di Jeddah, Arab Saudi, 12 Juli lalu, Amir Khan menyatakan akan melawan Manny Pacquiao di Riyadh.

"Pertarungan berikutnya akan kembali di Arab Saudi, di Riyadh pada 8 November," tuturnya.

"Semoga lawannya adalah Manny Pacquiao, kami telah menandatangani rencana pertarungan itu. Semoga ia bisa melewati pertarungannya (melawan Thurman) dan kami akan berduel di Arab Saudi," tukas Amir Khan.

Load More