Dany Garjito | Irwan Febri Rialdi
Timnas Futsal Indonesia menempati posisi ketiga Piala AFF Futsal 2018. (Irwan Febri Rialdi/Bolatimes.com).

Bolatimes.com - Timnas Futsal Indonesia berhasil menempati posisi ketiga Piala AFF Futsal 2018. Menurut pelatih Kensuke Takahashi, ada peran dari pelatih Vietnam atas keberhasilan tersebut.

Timnas futsal Indonesia berhasil memenangkan laga perebutan tempat ketiga melawan Vietnam dengan hasil akhir 3-1 di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (11/11/2018). Tiga gol skuat timnas futsal Indonesia dibuat oleh Andri Kustiawan pada menit ke-17, Subhan Faidasa (26'), dan Bambang Bayu Saptaji (30'). Sementara gol semata wayang Vietnam dicetak oleh Dang Anh Tai (3').

Terkait keberhasilan tersebut, pelatih Timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, mengaku pertahanan solid adalah kuncinya. Itulah yang mampu diterapkan oleh Marvin Alexa dan kolega.

Baca Juga:
Sikat Malaysia, Thailand Juara Piala AFF Futsal 2018

''Jadi pertama-tama saya pikir pertahanan kita dibandingkan sebelumnya ada peningkatan. Pemain juga semangat dalam permainan, kita bermain bersabar serta bermain secara tim,'' kata Kensuke Takahashi saat konferensi pers di GOR UNY, Minggu (11/11/2018).

Selain itu, Kensuke Takahashi mengungkap prestasinya bersama Timnas futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2018 tak bisa lepas dari peran Miguel Rodrigo, pelatih Timnas futsal Vietnam. Seperti diketahui, Miguel Rodrigo adalah pelatih Kensuke ketika masih bermain di kompetisi kasta teratas Spanyol, Caja Segovia pada 2008.

Pengalaman bermain di bawah arah Miguel Rodrigo membuat dirinya mampu menerapkan ilmu serta strategi yang didapat ke Ardiansyah Runtuboy dan kolega.

Baca Juga:
Berhasil Tembus Final, Anak Orang Kaya di Solo Puji Marcus/Kevin

''Saya terima kasih kepada coach Miguel, pelatih pertama 10 tahun lalu saat saya bermain di Spanyol. Saya menghormati beliau, saya banyak belajar dari beliau, dan ini (hasil pembelajaran) terwujud bersama Timnas futsal Indonesia,'' tuturnya menambahkan.

Keberhasilan Indonesia dalam menempati posisi ketiga Piala AFF Futsal 2018 adalah ulangan prestasi enam tahun silam. Skuat Garuda pada turnamen antar negara Asia Tenggara edisi 2012 juga mencapai posisi ketiga setelah memetik kemenangan 4-2 atas Malaysia di Bangkokthonburi University, Bangkok, Thailand.

Baca Juga:
Suka Cadangkan Isco, Pelatih Anyar Real Madrid Beri Penjelasan

Load More