Galih Priatmojo
Lifter Indonesia Eko Yuli pecahkan rekor dunia angkat besi beberapa waktu lalu. (suara.com)

Bolatimes.com - Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli kembali menorehkan prestasi. Dalam kejuaraan dunia Angkat Besi 2018 di Asghabat, Turkmenistan, Sabtu (3/11/2018) kemarin, Eko tak hanya mampu meraih medali emas tetapi juga memecahkan rekor dunia. Ia pun menyebut, tak ada resep khusus dalam keberhasilannya meraih prestasi itu.

Menurutnya, hanya semangat pantang menyerah yang membuatnya meraih prestasi dalam kejuaraan Angkat Besi dunia itu.

''Terima kasih atas semua dukungannya. (Raihan medali emas) cuma bermodalkan semangat saja,'' kata Eko Yuli seperti dikutip dari Suara.com, Minggu (4/11/2018).

Baca Juga:
11 Klub Raksasa Eropa Terlibat 'Kudeta' Bentuk Liga Super Eropa

Seperti diketahui, Eko berhasil meraih medali emas di nomor 61 kg setelah mencatatkan total angkatan 317 kg dengan rincian, 143 kg snatch dan 174 kg clean & jerk. Selain medali emas, angkatan tersebut juga sukses membuat eko memecahkan rekor dunia.

Eko memecahkan rekor dunia clean & jerk dengan angkatan 173 kg serta dua kali memecahkan rekor total angkatan, yaitu 313 kg dan 317 kg dalam percobaan terakhir.

Pencapaian Eko bisa dibilang luar biasa. Sebab, nomor 61 kg merupakan hal yang asing bagi lifter asal kota Metro, Lampung tersebut.

Baca Juga:
Imbang Lawan Arsenal, Jurgen Klopp Uring-uringan

Sebelum turun di Ashgabat 2018, Eko merupakan lifter spesialis 62 kg. Medali emas yang didapatnya di Asian Games 2018 juga berasal dari nomor tersebut.

Hasil ini membuat peluang Eko Yuli untuk lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo terbuka lebar. Pasalnya, Asghabat 2018 ini merupakan satu dari beberapa turnamen yang menjadi ajang kualifikasi menuju multievent terbesar dunia tersebut.

Eko berharap, raihan prestasi ini bisa terus dipertahankan kedepannya. Apalagi, selain fokus mengumpulkan poin kualifikasi Olimpiade 2020, Eko juga akan turun di multievent kancah Asia Tenggara, SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Filipina.

Baca Juga:
Cetak Gol ke Gawang Bournemouth, Martial Ciptakan Catatan Apik

''Alhamdulillah bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. Semoga kedepan bisa terus meningkatkan prestasi ini,'' tulis Eko melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (4/11/2018).

 

Berita ini sudah dimuat di suara.com

Baca Juga:
Pencapaian Fantastis Cristiano Ronaldo di Jersey 400 Juventus

Load More